Hubungan antara kebiasaan sarapan dan citra tubuh (body image) dengan status gizi mahasiswa prodi gizi UIN Walisongo Semarang

Faiqoh, Maharotul (2023) Hubungan antara kebiasaan sarapan dan citra tubuh (body image) dengan status gizi mahasiswa prodi gizi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1607026047_MAHAROTUL_FAIQOH] Text (SKRIPSI_1607026047_MAHAROTUL_FAIQOH)
1607026047_Maharotul_Faiqoh_Full Skripsi - maha iqoh0812 (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan gizi lebih dan gizi kurang masih tersebar di negara Indonesia. Mahasiswa termasuk dalam masa perpindahan dari remaja ke dewasa, masa ini seringkali terbentuk suatu gaya hidup yang menetap dan sulit diubah hingga dewasa bahkan lanjut usia. Masalah gizi dan kesehatan seseorang tidak boleh dianggap remeh karena akan berdampak panjang. Status derajat kesehatan seseorang menjadi hal penting yang harus diperhatikan seperti status gizi, anemia, tekanan darah sebagai indikator kesehatan yang perlu diperhatikan untuk mencapai kesehatan yang prima dan optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kebiasaan sarapan dan body image dengan status gizi mahasiswa prodi gizi UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 sampel diperoleh dari rumus Slovin. Pengambilan data menggunakan kuesioner kebiasaan sarapan, kuesioner body image dan pengukuran antropometri. Analisis data menggunakan uji statistik korelasi Gamma.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar berjenis kelamin perempuan, berusia 19-20 tahun, 33 (56,9%) responden memiliki kebiasaan sarapan yang baik, 35 (60,3%) memiliki body image positif artinya puas terhadap bentuk tubuhnya dan sebanyak 33 (56,9%) memiliki status gizi baik. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan sarapan dengan status gizi mahasiswa prodi gizi UIN Walisongo Semarang (p= 0,19). Tidak ada hubungan yang signifikan antara body image dengan status gizi mahasiswa gizi prodi gizi UIN Walisongo Semarang (p= -0,106).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Breakfast habits; body image; and nutritional status
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:13
Last Modified: 26 Feb 2024 03:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22486

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics