Hubungan aktivitas fisik dan lingkar pinggang dengan tekanan darah pada remaja obesitas di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur

Framesty, Risna Nida (2023) Hubungan aktivitas fisik dan lingkar pinggang dengan tekanan darah pada remaja obesitas di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1707026009_RISNA_NIDA_FRAMESTY] Text (SKRIPSI_1707026009_RISNA_NIDA_FRAMESTY)
1707026009_Risna Nida Framesty_Full Skripsi - Risna nida Framesty.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang: Peningkatan tekanan darah merupakan salah satu masalah kesehatan yang ada di negara Indonesia. Salah satu faktor risiko yang dapat meningkatkan tekanan darah yang tidak terkontrol dapat dipengaruhi oleh faktor aktivitas fisik dan status gizi obesitas, obesitas sentral adalah salah satu jenis obesitas yang disebabkan oleh penumpukan lemak pada abdomen. Lingkar pinggang adalah metode yang dapat menjelaskan distribusi penimbunan lemak di bawah kulit dan jaringan adiposa intra abdominal.
Tujuan: Penelitian ini adalah mengetatahui hubungan aktivitas fisik dengan tekanan darah dan hubungan lingkar pinggang dengan tekanan darah pada remaja obesitas di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini bersifat observasional dengan pendekatan cross-sectional, sampel berjumlah 44 responden. Data yang diukur adalah aktivitas fisik menggunakan metode physical activity level, lingkar pinggang menggunakan pengukuran alat metlin, dan tekanan darah menggunakan metode penggukuran menggunakan alat sphygmomanometer. Analisis bivariat menggunakan uji kolerasi Gamma.
Hasil: Mayoritas responden memiliki aktivitas fisik ringan (77,3%), lingkar pinggang obesitas (88,6%), dan tekanan darah pre-hipertensi (70,5%). Hasil analisis bivariat menunjukkan antara aktivitas fisik dengan tekanan darah tidak memiliki hubungan (nilai p>0,005). Terdapat hubungan yang bermakna antara lingkar pinggang dengan tekanan darah dengan nilai p=0,016 (p<0,05) dan kekuatan hubungan yang sangat kuat dengan nilai koefisien kolerasi (γ) 0,975.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan tekanan darah, dan terdapat hubungan antara lingkar pinggang dengan tekanan darah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Fisik; Lingkar Pinggang; Tekanan Darah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:00
Last Modified: 26 Feb 2024 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22488

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics