Hubungan tingkat pengetahuan gizi dan perilaku makan dengan status gizi pada santriwati Ma’had Ulil Albab Semarang

Yuniarti, Verra Pamila (2023) Hubungan tingkat pengetahuan gizi dan perilaku makan dengan status gizi pada santriwati Ma’had Ulil Albab Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1707026046_VERRA_PAMILA_YUNIARTI] Text (SKRIPSI_1707026046_VERRA_PAMILA_YUNIARTI)
1707026046_VERRA PAMILA YUNIARTI_Full Skripsi - Verra Pameela.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Status kesehatan pada usia dewasa akan baik apabila dijaga dengan baik, karena pada masa ini pemeliharaan kesehatan sangat penting untuk mencegah atau menunda terjadinya penyakit degeneratif di usia lanjut. Permasalahan gizi yang terjadi pada orang dewasa dapat disebabkan oleh perilaku makan. Faktor yang memengaruhi perilaku makan salah satunya adalah pengetahuan, karena pengetahuan mengenai gizi merupakan landasan dalam menentukan konsumsi makanan seseorang.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan gizi dan perilaku makan dengan status gizi pada santriwati Ma’had Ulil Albab Semarang.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah 73 responden. Data yang diukur adalah tingkat pengetahuan gizi dan perilaku makan menggunakan kuesioner, dan status gizi dari IMT. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji Somers’d.
Hasil: Mayoritas responden memiliki tingkat pengetahuan gizi cukup (57,5%), perilaku makan cukup (90,4%), dan status gizi normal (63%). Tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan gizi dengan status gizi. Terdapat hubungan yang bermakna antara perilaku makan dengan status gizi dengan nilai (p= 0,031) dengan arah hubungan yang positif dan kekuatan hubungan kuat (koefisien korelasi= 0,534).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan gizi dengan status gizi, dan terdapat hubungan yang bermakna antara perilaku makan dengan status gizi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan gizi; perilaku makan; status gizi; santriwati; mahasiswa
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:11
Last Modified: 27 Feb 2024 02:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22498

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics