Hubungan tingkat kecukupan zat besi dan seng terhadap perkembangan motorik kasar pada anak TK usia 4-6 tahun di Kelurahan Gisikdrono Semarang

Putriana, Vinna (2023) Hubungan tingkat kecukupan zat besi dan seng terhadap perkembangan motorik kasar pada anak TK usia 4-6 tahun di Kelurahan Gisikdrono Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1807026024_VINNA_PUTRIANA] Text (SKRIPSI_1807026024_VINNA_PUTRIANA)
1807026024_Vinna Putriana_Full_Skripsi - Vinna Putriana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Masa prasekolah (4-6 tahun) adalah masa perkembangan dan pertumbuhan yang pesat (periode emas). Perkembangan motorik kasar dipengaruhi oleh tingkat kecukupan zat gizi makro maupun mikro seperti zat besi dan seng. Zat besi dan seng diperlukan dalam perkembangan otak, sistem neurotransmitter dan tumbuh kembang anak. Kekurangan zat besi dan seng dapat mengakibatkan adanya gangguan fungsi motorik.
Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat kecukupan zat besi dan seng terhadap perkembangan motorik kasar pada anak TK usia 4-6 tahun di wilayah Kelurahan Gisikdrono Semarang.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi sebanyak 124 siswa. Pengambilan sampel dilakukan di TK Asyiyah Bustanul Athfal 23, RA Gisikdrono, TK Al-Firdaus, TK Nurul Hidayah dan TK Nurul Ilmi menggunakan metode proportional random sampling, diperoleh sampel sebanyak 58 responden. Data tingkat kecukupan diukur menggunakan form SQ-FFQ dan uji perkembangan motorik menggunakan Test Denver II. Analisis statistik bivariat dilakukan dengan uji chi-square dan uji multivariat dengan uji regresi logistik biner menggunakan SPSS versi 29 for windows.
Hasil: Terdapat hubungan antara tingkat kecukupan zat besi dengan perkembangan motorik kasar anak usia 4-6 tahun (p= <0,001), terdapat hubungan antara tingkat kecukupan seng dengan perkembangan motorik kasar anak usia 4-6 tahun (p=<0,001) dan terdapat pengaruh tingkat kecukupan zat besi dan seng terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-6 tahun sebesar 2,22 kali.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat kecukupan zat besi dan seng terhadap perkembangan motorik kasar pada anak TK usia 4-6 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Anak usia 4-6 tahun; zat besi; seng; perkembangan motorik kasar.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:16
Last Modified: 27 Feb 2024 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22506

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics