Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IX semester gasal mata pelajaran aqidah akhlak materi iman pada hari akhir melalui model pembelajaran Mind Mapping pada MTs Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2010/2011
Rochmat, Rochmat (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IX semester gasal mata pelajaran aqidah akhlak materi iman pada hari akhir melalui model pembelajaran Mind Mapping pada MTs Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111207_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
73111207_bab1.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
73111207_bab2.pdf - Accepted Version
Download (90kB) | Preview
73111207_bab3.pdf - Accepted Version
Download (40kB) | Preview
73111207_bab4.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
73111207_bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
73111207_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (905kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas IX semester gasal mata pelajaran Aqidah Akhlak materi iman pada hari akhir melalui model pembelajaran Mind Mapping pada MTs Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011..
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK.) Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Untuk membuktikannya peneliti memakai 2 siklus. Subyek penelitian sebanyak 40 anak. Pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran Aqidah Akhlak dengan penerapan model pembelajaran mind mapping dinilai efektif dalam meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlak. Ada beberapa faktor yang mendukung yaitu, peserta didik antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, peserta didik banyak diberi kesempatan untuk mengalami atau melakukan sendiri, serta mengembangkan kemampuan peserta didik untuk berfikir kreatif. Dalam hal ini berarti peserta didik menampakkan kesenangan dan keseriusan mengikuti pelajaran Aqidah Akhlak yang sedang berlangsung.
Prestasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran mind mapping. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 82,50% dan pada siklus II sebesar 95,00%. Disamping itu, model pembelajaran mind mapping juga mampu meningkatkan aktivitas belajar Aqidah Akhlak peserta didik. Pada siklua I prosentase keaktifan peserta didik secara klasikal sebesar 67,50% sedangkan rata-rata siklus II sebesar 81,50%.
Hasil dan deskripsi dalam penelian ini bisa digunakan sebagai bahan rujukan bagi guru yang ingin memperbaiki kualitas pembelajaran. Melalui penerapan model pembelajaran mind mapping baik prestasi belajar maupun aktivitas belajar peserta didik dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Media Pembelajaran; Aqidah Akhlaq |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 05:42 |
Last Modified: | 23 Jun 2014 05:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2251 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year