Hubungan pemberian uang saku, konsumsi makanan dan aktivitas fisik dengan kejadian gizi lebih pada siswa di SMP Negeri 1 Getasan Salatiga

Agrina, Mia (2023) Hubungan pemberian uang saku, konsumsi makanan dan aktivitas fisik dengan kejadian gizi lebih pada siswa di SMP Negeri 1 Getasan Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1807026060_MIA_AGRINA] Text (SKRIPSI_1807026060_MIA_AGRINA)
1807026060_Mia Agrina_ FULL SKRIPSI - Mia Agrina UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Obesitas merupakan tanda pertama dari munculnya kelompok penyakit-penyakit non infeksi yang saat ini terjadi di negara-negara maju maupun di negara-negara berkembang. Sumber obesitas bisa dari pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, genetik dan juga faktor lingkungan. Kurangnya aktivitas dan asupan makanan tinggi kalori yang berlebihan dapat berkontribusi pada terjadinya obesitas. Obesitas dapat berlangsung hingga usia dewasa, prevalensi kejadian kelebihan berat badan serta obesitas di kalangan remaja merupakan masalah yang parah. Sehingga perlunya kesadaran diri untuk mengontrol asupan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan uang saku, konsumsi makan serta aktifitas fisik dengan kejadian gizi lebih pada siswa di SMP Negeri 1 Getasan Salatiga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan jumlah responden 66 siswa yang diambil menggunakan rumus slovin. Data uang saku diperoleh dari kuesioner, data aktifitas fisik menggunakan kuesioner GPAQ, dan data konsumsi makan menggunakan form recall 3x 24 jam. Uji bivariat menunjukkan hasil Tidak terdapat hubungan uang saku terhadap gizi lebih p= 0,871 Terdapat hubungan konsumsi makanan dengan gizi lebih p= 0,030. Terdapat hubungan aktifitas fisik dengan gizi lebih p= 0,039. Terdapat hubungan yang signifikan antara konsumsi makan dan aktifitas fisik dengan kejadian gizi lebih, namun tidak terdapat hubungan antara uang saku dengan kejadian gizi lebih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: uang saku; konsumsi makanan; aktifitas fisik; gizi lebih; siswa SMP
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 29 Feb 2024 04:07
Last Modified: 29 Feb 2024 04:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22527

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics