Bias gender pada tayangan berkah istri yang ikhlas mengabdi pada suami : anlisis wacana Sara Mills

Fitriyani, Mega (2023) Bias gender pada tayangan berkah istri yang ikhlas mengabdi pada suami : anlisis wacana Sara Mills. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026065_MEGA_FITRIYANI] Text (SKRIPSI_1601026065_MEGA_FITRIYANI)
1601026065_Mega Fitriyani_Tugas Akhir - mega fitriyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pekerjaan rumah tangga sering dicirikan sebagai beban kerja yang tidak seimbang. Banyaknya kekerasan yang terjadi, sering ditengarai dengan tidak adanya penghargaan atas kerja yang dilakukan pada wilayah ini seperti mengurus rumah tangga, merawat keluarga, mengasuh anak, yang semuanya itu dinilai tidak mempunyai nilai ekonomi dan menghasilkan uang. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah skripsi ini adalah bagaimana posisi subjek objek dan juga posisi pembaca atau peonton sinetron Berkah Istri yang Ikhlas Mengabdi pada Suami.
Tujuan dari pnelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana posisi subjek dan objek yang ditampilkan dalam sinetron, juga bagaimana posisi pembaca ditampilkan dalam sinetron. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis wacana Sara Mills, dimana analisis ini memusatkan perhatianya pada bagaimana posisi aktor yang ditampilkan dalam teks dan bagaimana pembaca dan penulis ditampilkan dalam teks. Penelitian ini menggunakan pndekatan kualitatif dengan data yang digunakan daam penelitian ini adalah rangkaian gambar atau scene dan dialog yang ada dalam sinetron.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa posisi subjek pertama yakni sosok suami yang selalu mendominasi dalam cerita, sedangkan istri berposisi sebagai subjek kedua karena dalam beberapa kesempatan dapat menampilkan dirinya sendiri, sekaligus menjadi objek dalam cerita. Diharapkan pembaca dapat mengerti bagaimana jika perempuan selalu berada dalam posisi yang sudah di normalisasi oleh masyarakat bahwa memang seperti itulah tugas seorang istri. Memanglah sudah menjadi tugas istri untuk taat pada suami selaku kepala rumah keluarga. Namun baik istri maupun suami tentu saja memiliki hak dan kewajiban agar kehidupan rumah tangga dapat berjalan selaras.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bias gender; Program televisi; Anlisis wacana; Sara Mills
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
400 Language > 401 Philosophy and theory
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jul 2024 10:08
Last Modified: 29 Jul 2024 10:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22528

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics