Peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 2 Kendal

Uddin, Muhammad Daffa' (2021) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 2 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036085_Muhammad_Daffa'_Uddin] Text (Skripsi_1603036085_Muhammad_Daffa'_Uddin)
Skripsi_1603036085_Muhammad_Daffa'_Uddin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Mutu pendidikan hendaknya mampu menghasilkan lulusan yang terampil dan juga yang terpenting adalah memiliki moral yang baik. Adapun rumusan masalah penelitian ini 1) Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 2 Kendal? 2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 2 Kendal?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data adalah dari madrasah, kepala madrasah, koordinator bidang kurikulum, koordinator bidang kesiswaan, dan guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peran kepala madrasah sebagai sebagai pendidik yaitu dengan memberi bimbingan kepada guru dan ikut serta mengajar, sebagai manajer dengan pengelolaan madrasah, sebagai administrator dengan melakukan administrasi yang ada di madrasah, sebagai supervisor dengan melakukan supervisi, sebagai leader membuat visi dan misi madrasah, sebagai inovator dengan membuat inovasi-inovasi, sebagai motivator dengan memberikan motivasi terhadap para guru, dan sebagai entrepreneur dengan membuat unit-unit usaha di madrasah 2) Faktor pendukung kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu adanya dukungan penuh dari wali murid dan komite madrasah, dan guru yang tersedia mumpuni. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya gedung yang memisah, lokasi kurang strategis, latar belakang orang tua siswa dan kurang seimbangnya tenaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Kepala madrasah; Mutu pendidikan; Madrasah ibtidaiyyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:26
Last Modified: 06 Mar 2024 03:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22544

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics