Hubungan perilaku merokok, aktivitas fisik, obesitas sentral dengan kejadian hipertensi pada polisi perokok di Polsek Tugu, Kota Semarang

Anggareni, Shinta Furry (2023) Hubungan perilaku merokok, aktivitas fisik, obesitas sentral dengan kejadian hipertensi pada polisi perokok di Polsek Tugu, Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1907026016_SHINTA_FURRY_A] Text (SKRIPSI_1907026016_SHINTA_FURRY_A)
1907026016_SHINTA FURRY A_TUGAS AKHIR - Shinta Furry.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Hipertensi merupakan silent killer yang penyebab dan gejalanya tidak diketahui. Faktor pekerjaan seperti polisi memiliki risiko terhadap hipertensi. Kebanyakan polisi memiliki kebiasaan yang kurang baik dalam menjaga kesehatan dan perfoma dalam menjalankan tugasnya. Kebiasaan merokok, menetap dan mengonsumsi makanan yang berlemak serta tinggi natrium dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit degeneratif dan kardiovaskular. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan perilaku merokok, aktivitas fisik dan obesitas sentral dengan kejadian hipertensi pada polisi perokok di Polsek Tugu, Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 responden. Teknik pengambilan data menggunakan total sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner perilaku merokok untuk mengetahui jumlah, lama dan jenis rokok yang dikonsumsi. Aktivitas fisik menggunakan International Physical Activity Questionnaire (IPAQ). Obesitas sentral menggunakan pita ukur metlin dan hipertensi menggunakan tensimeter digital. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan uji regresi logistik ordinal. Hasil uji Mann-Whitney pada perilaku merokok antara jumlah rokok dengan hipertensi (p = 0,037) lama merokok dengan hipertensi (p = 0,020) dan jenis rokok dengan hipertensi (p = 0,015), hasil uji Mann-Whitney pada aktivitas fisik dengan hipertensi (p = 0,001) dan hasil uji Mann-Whitney obesitas sentral dengan hipertensi (p = 0,003). Kesimpulan pada penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku merokok, aktivitas fisik dan obesitas sentral dengan kejadian hipertensi. Perilaku merokok dan aktivitas fisik menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap kejadian hipertensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku Merokok; Aktivitas Fisik; Obesitas Sentral; Hipertensi.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Mar 2024 02:46
Last Modified: 13 Mar 2024 02:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22565

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics