Manajemen program kelas unggulan Tahfiz Qur’an di MTs Assalafiyah Sitanggal Brebes

Nasia, Desti Atun (2021) Manajemen program kelas unggulan Tahfiz Qur’an di MTs Assalafiyah Sitanggal Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036014_Desti_Atun_Nasia] Text (Skripsi_1703036014_Desti_Atun_Nasia)
Skripsi_1703036014_Desti_Atun_Nasia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen program kelas unggulan tahfiz Qur’an di MTs Assalafiyah Sitanggal. Latar belakang penelitian ini yaitu mengorek lebih dalam tentang dibukanya program kelas tahfiz dan proses manajemennya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui studi lapangan yang dilakukan di MTs Assalafiyah Sitanggal. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1)Perencanaan program tahfiz di MTs Assalafiyah Sitanggal meliputi beberapa kegiatan yang melibatkan kepala sekolah, komite, serta guru untuk merumuskan urgensi dibukanya kelas tahfiz, penyusunan kurikulum/rancangan pembelajaran dan penyiapan sarpras penunjang pembelajaran. (2)Pengorganisasian program tahfiz meliputi kegiatan pemilihan guru yang kompeten untuk menjadi pembina kelas tahfiz serta kriteria tersendiri untuk bisa masuk kelas tahfiz. (3)Pelaksanaan program kelas tahfiz sendiri meliputi penerapan rancangan pembelajaran yang berisi target hafalan siswa yang disusun oleh pembina tahfiz, waktu pembelajaran tahfiz serta metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfiz. (4)Evaluasi program tahfiz di MTs Assalafiyah Sitanggal sendiri dilakukan dengan setoran hafalan meliputi penilaian harian, penilaian semesteran dan penilaian akhir. Adapun implikasi adanya program tahfiz yaitu minat masyarakat yang bertambah, serta prestasi siswa yang meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen program; Kelas unggulan; Tahfiz Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Mar 2024 05:46
Last Modified: 13 Mar 2024 05:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22581

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics