Pengaruh pola makan; tingkat stres psikologis dan kualitas tidur terhadap status gizi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang

Arifiyani, Laila Nur (2023) Pengaruh pola makan; tingkat stres psikologis dan kualitas tidur terhadap status gizi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1907026095_LAILA_NUR_ARIFIYAI] Text (SKRIPSI_1907026095_LAILA_NUR_ARIFIYAI)
1907026095_Laila Nur Arifiyani_Full Skripsi - Laila Arifiyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Permasalahan status gizi merupakan masalah kesehatan yang menjadi perhatian dunia internasional. Mahasiswa menjadi salah satu kalangan usia yang dapat mengalami masalah status gizi (malnutrisi). Status gizi ialah hasil dari keadaan keseimbangan maupun perwujudan gizi melalui bentuk variabel tertentu. Faktor yang dapat mempengaruhi status gizi seseorang dibagi menjadi dua yaitu secara langsung dan tidak langsung. Faktor langsung yang dapat mempengaruhi status gizi yaitu genetik, jenis kelamin, usia, asupan makan dan penyakit infeksi. Adapun faktor tidak langsung yang dapat mempengaruhi status gizi yaitu aktivitas fisik, sosial budaya, pendidikan, ekonomi, stres dan kualitas tidur.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan, tingkat stres psikologis dan kualitas tidur terhadap status gizi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain correlational dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu probability sampling dengan stratified random sampling.
Hasil: Mayoritas mahasiswa memiliki status gizi normal sebanyak 56 (57,1%) responden, pola makan kurang 71 (72,4%) responden, tingkat stres berat 29 (29,6%) responden, dan kualitas tidur sedang 36 (36,7%) responden. Berdasarkan hasil uji bivariat tidak terdapat hubungan antar variabel. Hasil uji antara pola makan dengan status gizi menunjukkan nilai p-value 0,301 (p-value > 0,05), tingkat stres dengan status gizi nilai p-value 0,496 (p-value > 0,05), dan kualitas tidur dengan status gizi dengan nilai p-value 0,722 (p-value > 0,05).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara pola makan, tingkat stres psikologis, dan kualitas tidur terhadap status gizi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Status gizi; pola Makan; stres, kualitas tidur; mahasiswa.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:08
Last Modified: 13 Mar 2024 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22587

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics