Konsep tasawuf Syaqiq al-Balkhi

Maghfiroh, Siti Lailatul (2020) Konsep tasawuf Syaqiq al-Balkhi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1604046027_Siti_Lailatul_Maghfiroh] Text (Skripsi_1604046027_Siti_Lailatul_Maghfiroh)
Skripsi_1604046027_Siti_Lailatul_Maghfiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tokoh dalam tasawuf memiliki peran penting. Selain sebagai pelaku tasawuf, tokoh berperan sebagai tauladan bagi penempun jalan spiritualitas. Syaqiq Al-Balkhi adalah tokoh sufi dari Balkh. Sufi yang terkenal dengan maqam zuhudnya dan merupakan penginisiasi pengkonsepan ajaran tasawuf. Hidup pada abad kedua Hijriyah, membuat ajaran tasawuf Syaqiq belum terkodifikasi. Ajaran tasawuf Syaqiq masih menyebar, bahkan lebih banyak dituliskan oleh murid maupun pengkaji tasawuf lainnya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk, mengkompilasi ajaran tasawuf Syaqiq.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif librarian research. Dengan sumber data utama yaitu karya Syaqiq Al-Balkhi kitab Adabul Ibadat beserta kitab induk tasawuf lainnya seperti al-Luma’ fi ilm Tasawuf, dan Risalah Qusyairiyah. Adapun metode analisis yang digunakan yaitu content analysis dengan pendekatan historical. Disajikan dengan konsep deskriptif.
Dari penelitian ini, diketahui Syaqiq menjelaskan dalam Adabul Ibadat bahwa ada empat manazil yang perlu ditempuh oleh ahlu as-shidqi. Manazil tersebut yaitu, zuhud, khauf, syauq ila al-jannah, dan mahabbah karena Allah. dan Syaqiq menggolongkan ahlu as-shidqi menjadi tiga golongan. 1) golongan awam dengan manazil zuhud dan khauf. 2) golongan khawash dengan manazil syauq ila al-jannah. dan terakhir golongan 3) golongan khawasul khawash dengan manazil mahabbah karena Allah swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tasawuf; Tokoh sufi; Syaqiq al-Balkhi; Zuhud; Adabul ibadat; Manazil
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:45
Last Modified: 25 Mar 2024 06:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22614

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics