Pengaruh persepsi peserta didik tentang kinerja guru terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti peserta didik kelas XI SMA N 1 Kendal

Larasati, Erma Fasikha (2021) Pengaruh persepsi peserta didik tentang kinerja guru terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti peserta didik kelas XI SMA N 1 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016125_Erma_Fasikha_Larasati] Text (Skripsi_1703016125_Erma_Fasikha_Larasati)
Skripsi_1703016125_Erma_Fasikha_Larasati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan persepsi peserta didik tentang kinerja guru terhadap hasil belajar peserta didik. Di antara permasalahan tersebut yaitu guru yang belum melek akan adanya teknologi, kurangnya kreativitas dalam penyampaian materi oleh guru, dalam pelaksanaan PJJ terkadang guru menggunakan media pembelajaran yang dominan monoton sehingga peserta didik merasa jenuh atau bosan, kemandirian peserta didik saat belajar dari rumah secara daring (online) membuat peserta didik harus memahami sendiri materi yang disampaikan oleh guru, lalu mengerjakan tugas dan melaporkannya. Proses tersebut tentunya tidak semudah yang dibayangkan karena ketidakpahaman atau miskonsepsi suatu materi mungkin saja terjadi. Adapun permasalahan di mana peserta didik mengumpulkan tugas dan juga ulangan yang telah diberikan tidak tepat waktu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu ―Apakah Persepsi Peserta Didik tentang Kinerja Guru Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas XI di SMA N 1 Kendal?‖. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan temasuk jenis penelitian penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang beragama Islam dan sampel penelitian ini yakni peserta didik kelas XI IPS 4, XI IPS 5, dan XI MIPA 2 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini ada 2 yakni variabel dependen (Y) yang berupa hasil belajar PAI BP peserta didik kelas XI dan variabel independen (X) yang berupa persepsi peserta didik tentang kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik tentang kinerja guru mempunyai nilai rata-rata sebesar 127,59 = 128, termasuk dalam kategori ―cukup‖. Adapun hasil belajar PAI BP mempunyai nilai rata-rata sebesar 86,62 = 87, termasuk dalam kategori ―cukup‖. Persepsi peserta didik tentang kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PAI BP Kelas XI di SMA N 1 Kendal. Hal ini berdasarkan data dari output SPSS bahwa nilai F hitung = 7.216 > F tabel = 4,00 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009 < 0.05. Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 11,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Peserta didik; Hasil belajar; Kinerja guru; PAI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:49
Last Modified: 29 Apr 2024 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22627

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics