Pengaruh koreksi ketinggian tempat dalam perhitungan awal waktu salat di daerah terendah dan tertinggi Kabupaten Karanganyar

Ngusman, Ahmad (2023) Pengaruh koreksi ketinggian tempat dalam perhitungan awal waktu salat di daerah terendah dan tertinggi Kabupaten Karanganyar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046017_Ahmad_Ngusman] Text (Skripsi_1602046017_Ahmad_Ngusman)
Skripsi_1602046017_Ahmad_Ngusman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki keadaan geografis yang bervariasi. Kabupaten Karanganyar terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Karanganyar dataran rendah dan Karanganyar dataran tinggi. Berdasarkan kedua wilayah tersebut Penulis menemukan hal menarik yaitu selisih Waktu Salat jika dihitung menggunakan koreksi ketinggian tempat. Namun kenyataanya, kedua wilayah tersebut masih menggunakan Waktu Salat yang sama, Penulis tertarik untuk mengkaji Jadwal waktu salat yang digunakan Kabupaten Karanganyar. Skripsi ini mengkaji dua permasalahan, yaitu: Pertama, Pengaruh Ketinggian Tempat terhadap waktu salat Kabupaten Karanganyar; Kedua, Tingkat akurasi waktu salat yang dikeluarkan Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar dan relevansinya untuk digunakan sebagai acuan waktu salat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Data primernya bersumber dari jadwal waktu salat yang dikeluarkan Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar. sedangkan data sekunder diperoleh dengan Wawancara, Dokumentasi, dan Observasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis data dengan metode analisis deskriptif menggunakan perhitungan waktu salat dengan koreksi ketinggian tempat Bapak Slamet Hambali.
Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Ketinggian Tempat berpengaruh terhadap perhitungan waktu salat di Kabupaten Karanganyar; Kedua, Jadwal waktu salat yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar dianggap tidak relevan digunakan daerah dataran tinggi Karanganyar dikarenakan terdapat selisih 0-7 menit. Sedangkan masih relevan digunakan untuk wilayah dataran rendah Karanganyar kerena selisih hanya 0-1 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Koreksi; Ketinggian Tempat; Awal Waktu Salat; Kabupaten Karanganyar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 May 2024 02:27
Last Modified: 16 May 2024 02:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22634

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics