Analisis hisab aplikatif gerhana matahari dengan menggunakan Volvelle inovasi Special Solar Eclipse (SSE) karya Ehsan Hidayat

Ul Ngulya, Ni'ma Nadia (2023) Analisis hisab aplikatif gerhana matahari dengan menggunakan Volvelle inovasi Special Solar Eclipse (SSE) karya Ehsan Hidayat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902046085_Ni'ma_Nadia_Ul_Ngulya] Text (Skripsi_1902046085_Ni'ma_Nadia_Ul_Ngulya)
Skripsi_1902046085_Ni'ma_Nadia_Ul_Ngulya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Volvelle Inovasi Special Solar Eclipse (SSE) karya Ehsan Hidayat merupakan instrumen yang dapat memprediksi waktu terjadi gerhana Matahari. Instrumen ini merupakan hasil penggembangan dari Volvelle karya Philippe De La Hire dan generasi ke tiga dari Volvelle Inovasi karya Ehsan Hidayat. Instrumen ini menarik untuk dilakukan pengkajian karena hanya dengan dua kali melakukan pemutaran piringan dapat memprediksi jenis dan kapan terjadi gerhana Matahari. Dari permasalahan tersebut penulis merasa tertarik untuk mengetahui bagaimana Volvelle Inovasi Special Solar Eclipse (SSE) dalam memprediksi terjadi gerhana Matahari dan mengetahui bagaimana keakurasian instrumen tersebut.
Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kepustakaan (library research). Data-data yang di peroleh kemudian di analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu berupa metode analisis isi (content analisis) dan analisis komparatif.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Volvelle Inovasi Special Solar Eclipse (SSE) menggunakan metode ḥisab ḥaqīqī taqrībī, meskipun data astronomis yang digunakan berasal dari algoritma Jean meeus karena belum ada koreksi yang digunakan. Dalam penentuan terjadi gerhana Matahari Volvelle Inovasi Special Solar Eclipse (SSE) belum dapat dijadikan sebagai acuan mandiri, akan tetapi Volvelle Inovasi Special Solar Eclipse (SSE) dapat dijadikan sebagai acuan dalam memprediski atau memperkirakan waktu terjadi dan jenis gerhana Matahari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab; Volvelle Inovasi; Gerhana Matahari; Special Solar Eclipse (SSE); Ehsan Hidayat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 May 2024 07:17
Last Modified: 27 May 2024 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22658

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics