Penerapan single page application dalam pengembangan antarmuka aplikasi galang dana berbasis web menggunakan kerangka kerja laravel breeze

Karim, Alim Mughanil (2022) Penerapan single page application dalam pengembangan antarmuka aplikasi galang dana berbasis web menggunakan kerangka kerja laravel breeze. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1908096035_ALIM_MUGHANIL_KARIM_SKRIPSI] Text (1908096035_ALIM_MUGHANIL_KARIM_SKRIPSI)
1908096035_Alim Mughanil Karim_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Pesatnya perkembangan teknologi memberikan sebuah gagasan terkait pemanfaatannya dalam proses penggalangan dana. Gagasan tersebut dikemukakan oleh Yayasan Amal Bakti Nusantara Tegal yang ingin membuat sebuah platform digital untuk penggalangan dana dalam bentuk aplikasi web dengan merek dagang Berbagi Mulia. Aplikasi web tersebut nantinya diharapkan dapat menjembatani berbagai organisasi sosial non-profit dengan mengkampanyekan program yang digagasnya untuk mendapatkan pendanaan dari para donatur.
Kebutuhan terkait performa yang baik dalam penyajian data dengan antarmuka web yang modern menjadi sebuah keharusan. Untuk itu, penggunaan single page application sebagai metode penyajian halaman web menjadi salah satu solusinya. Dalam pengembangannya, teknologi yang dipakai adalah Laravel Breeze dikarenakan Laravel sebagai server- side dan ReactJS sebagai client-side dapat berkomunikasi secara langsung melalui perantara InertiaJS, sehingga tidak membutuhkan REST API. Sedangkan, metode pengembangan sistem yang dipakai adalah metode prototype dengan beberapa tahapan, yaitu communication, quick plan, modeling quick design, dan deployment delivery and feedback.
Pengujian performa menggunakan PageSpeed Insight dan GT Metrix dengan hasil pada PageSpeed Insight mendapatkan nilai rata-rata 94,8 di perangkat dekstop dan 73,8 di perangkat mobile. Sedangkan, GT Metrix didapatkan nilai rata-rata 75,8%. Penerapan single page application juga menyelesaikan ketidakefektifan multi page application dalam menyajikan halaman web. Hal tersebut diketahui melalui proses analisis kedua metode tersebut dengan membandingkannya saat proses transisi halaman web.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Single Page Application; Laravel Breeze; Aplikasi Web; Penggalangan Dana
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 59201 - Teknologi Informasi
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:03
Last Modified: 03 Jun 2024 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22679

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics