Peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits surat Al-‘Adiyat dan Al-Insyirah melalui model Card Sort (studi tindakan pada kelas IV MI Raudlatul Islamiyah Purworejo Bonang Demak) tahun pelajaran 2010/2011
Latif, Agus (2011) Peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits surat Al-‘Adiyat dan Al-Insyirah melalui model Card Sort (studi tindakan pada kelas IV MI Raudlatul Islamiyah Purworejo Bonang Demak) tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111540_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
73111540_bab1.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
73111540_bab2.pdf - Accepted Version
Download (112kB) | Preview
73111540_bab3.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
73111540_bab4.pdf - Accepted Version
Download (72kB) | Preview
73111540_bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
73111540_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Sebagai peneliti adalah Agus Latif dan sebagai kolaborator adalah Muhammad Yasin, S.Pd.I. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran selama ini yang dialami oleh siswa kelas IV MI Raudlatul Islamiyah Purworejo Bonang Demak dengan metode pembelajaran konvensional (ceramah) tidak membuahkan hasil yang optimal, sehingga banyak siswa nilai hasil belajarnya masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu 60. Dan sebagai refleksi dari permasalahan tersebut, maka peneliti menerapkan metode pembelajaran baru yaitu pembelajaran kooperatif model Card Sort. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa dengan model card sort pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Raudlatul Islamiyah Purworejo Bonang Demak tahun pelajaran 2010/2011.
Hasil penelitian dari siklus I, II, dan III menunjukkan adannya peningkatan. Hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata 49,44 dengan siswa yang tuntas 14 dari 30 siswa. Kemudian pada siklus I meningkat sedikit yaitu nilai rata-rata siswa 76,4 dengan siswa yang tuntas 26 dari 30 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 80,13 dengan siswa yang tuntas 27 dari 30 siswa. Dan pada siklus III nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 82,46 dengan siswa yang tuntas 29 dari 30 siswa.
Hasil angket siswa yang telah dijawab dari 30 responden tentang motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, pada siklus I yaitu 79,7 % (tergolong kuat). Pada siklus II meningkat menjadi 80,2 % (tergolong sangat kuat). Dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 82,3 % (tergolong sangat kuat).
Hasil belajar afektif siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 53,70 (tergolong kurang) siswa yang tuntas 8 dari 30 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 68,89 (tergolong cukup) siswa yang tuntas 18 dari 30 siswa. Dan pada siklus III nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 77,77 (tergolong baik) siswa tuntas semua.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa melalui model card sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa baik pada ranah kognitif maupun afektif. Pembelajaran melalui model card sort diharapkan dapat dikembangkan sebagai alternatif model pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar; Al-Qur’an Hadits; Model Pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 Jun 2014 03:39 |
Last Modified: | 25 Jun 2014 03:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2268 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year