Hubungan loyalitas konsumen dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pengguna e-commerce

Azizah, Ismi Nur (2023) Hubungan loyalitas konsumen dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pengguna e-commerce. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1707016064_Ismi_Nur_Azizah] Text (Skripsi_1707016064_Ismi_Nur_Azizah)
Skripsi_1707016064_Ismi_Nur_Azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empris hubungan loyalitas konsumen dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pengguna ecommerce. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 400 remaja akhir Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Terdapat tiga skala yang menjadi alat ukur dalam penelitian ini yaitu skala loyalitas konsumen, skala kontrol diri, dan skala perilaku konsumtif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji asumsi dasar. Hasil dari penelitian ini terdapat hubungan positif dan signifikan antara loyalitas konsumen, kontrol diri, dengan perilaku konsumtif pada remaja akhir Kota Semarang dengan nilai korelasi sebesar 0,606 dan nilai taraf signifikansi 0,000 (0,000<0,01). Semakin tinggi loyalitas konsumen dan kontrol diri maka semakin tinggi perilaku konsumtif pada remaja akhir. Sebaliknya, semakin rendah loyalitas konsumen dan kontrol diri, maka semakin rendah pula perilaku konsumtif.

ABSTRACT:
This study aims to empirically examine the relationship between consumer loyalty and self-control and consumptive behavior of e-commerce users. The sample in this study were 400 late adolescents in Semarang City. This study uses quantitative methods. There are three scales that used as measurement tools in this study, namely the consumer loyalty scale, the self-control scale, and the consumptive behavior scale. The analytical method is descriptive analysis and basic assumption test. The results of this study show that there is a positive and significant correlation between consumer loyalty, self-control, and consumptive behavior in late adolescents who lives in Semarang City with a correlation value 0.606 and a significance level 0.000 (0.000 <0.01). The higher consumer loyalty and self-control, the higher the consumptive behavior of late adolescents. Conversely, the lower consumer loyalty and self-control, the lower the consumptive behavior.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Loyalitas konsumen; Kontrol diri; Perilaku konsumtif; E-commerce
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jun 2024 00:58
Last Modified: 12 Jun 2024 00:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22683

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics