Pengaruh efikasi diri dan dukungan teman sebaya terhadap kecemasan dalam menyusun skripsi pada mahasiswa tingkat akhir

Aribowo, Deavira (2023) Pengaruh efikasi diri dan dukungan teman sebaya terhadap kecemasan dalam menyusun skripsi pada mahasiswa tingkat akhir. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1707016072_ Deavira_Aribowo] Text (Skripsi_1707016072_ Deavira_Aribowo)
Skripsi_1707016072_ Deavira_Aribowo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris pengaruh efikasi diri dan dukungan teman sebaya terhadap kecemasan dalam menyusun skripsi pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2016-2019 yang berjumlah 382 mahasiswa. Alat ukur penelitian ini mengunakan skala kecemasan dalam menyusun skripsi, efikasi diri dan dukungan teman sebaya. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan diperoleh F hitung adalah 9,855 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan tabel hasil uji koefisisen determinasi diketahui Adjusted R2 sebesar 0,044. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 4,4% kecemasan dipengaruhi oleh kedua variabel independen yaitu efikasi diri dan dukungan teman sebaya sedangkan sisanya sebesar 95,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Dapat disimpulkan semakin tinggi efikasi diri dan dukungan teman sebaya maka semakin rendah kecemasan dalam menyusun skripsi pada mahasiswa tingkat akhir, sebaliknya apabila semakin rendah efikasi diri dan dukungan teman sebaya maka semakin tinggi kecemasan dalam menyusun skripsi pada mahasiswa tingkat akhir. Dari hasil penelitian disarankan pada mahasiswa tingkat akhir untuk meningkatkan dukungan teman sebaya sehingga mampu mengatasi kecemasan dalam menyusun skripsi. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya diharapkan memperhatikan analisa lain yang harus diteliti lebih lanjut.

ABSTRACT:
The purpose of this study was to find out and test empirically the effect of self-efficacy and peer support on anxiety in preparing thesis in final year students. This study uses a quantitative approach. The sample in this study was UIN Walisongo Semarang students for the 2016-2019 class, totaling 382 students. The measurement tool for this study used an anxiety scale in writing thesis, self-efficacy and peer support. The data analysis method used is the multiple correlation test. The results of this study show that the calculated F is 9.855 with a significance level of 0.000 <0.05. Based on the table of test results for the coefficient of determination, it is known that Adjusted R2 is 0.044. This shows that 4.4% of anxiety is influenced by the two independent variables, namely self-efficacy and peer support while the remaining 95.6% is influenced by other factors outside of this study. It can be concluded that the higher the self-efficacy and peer support, the lower the anxiety in writing a thesis for final year students. From the results of the study it is suggested that final year students increase peer support so that they are able to overcome anxiety in preparing their thesis. As for further research, it is expected to pay attention to other analyzes that must be investigated further.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecemasan; Skripsi; Efikasi diri; Dukungan teman sebaya; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:08
Last Modified: 12 Jun 2024 01:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22684

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics