Pengaruh disiplin belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Semarang

Lantin, Ranggita Marsuma (2023) Pengaruh disiplin belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1707016110_Ranggita_Marsuma_Lantin] Text (Skripsi_1707016110_Ranggita_Marsuma_Lantin)
Skripsi_1707016110_Ranggita_Marsuma_Lantin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 16 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah teknik Judgement Sampling. Sampel yang diteliti meliputi seluruh siswa di SMA Negeri 16 Semarang. Maka subjek dalam penelitian ini berjumlah 242 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linear berganda yang dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien pada variable disiplin belajar adalah 0,103 dan nilai signifikansi sebesar 0,000, artinya semakin tinggi nilai disiplin belajar akan semakin meningkat prestasi belajar. Disiplin belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosional, pada variabel kecerdasan emosional menunjukkan nilai koefisien adalah 0,106 dan nilai signifikansi sebesar 0.000<0,05, artinya semakin tinggi nilai kecerdasan emosional akan semakin meningkatkan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Hasil uji F hitung adalah (161,064) > 3,03 (F tabel). Hal tersebut menyatakan bahwa disiplin belajar dan kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

ABSTRACT:
This study aims to determine the effect of learning discipline and emotional intelligence on student achievement at SMA Negeri 16 Semarang. This research uses quantitative research methods. In this study the sampling technique used was the judgement sampling technique. The sample studied included all students at SMA Negeri 16 Semarang. Then the subjects in this study amounted to 242 students. The data analysis technique used was multiple linear regression analysis technique which was carried out with the help of SPSS version 25.0 software. Based on the results of the study, it showed that the coefficient value on the learning discipline variable was 0.103 and a significance value of 0.000, meaning that the higher the learning discipline value, the higher learning achievement would be. Study discipline has a significant influence on emotional intelligence, the emotional intelligence variable shows a coefficient value of 0.106 and a significance value of 0.000 <0.05, meaning that the higher the value of emotional intelligence will further increase emotional intelligence. Emotional intelligence has a significant influence on learning achievement. The result of the calculated F test is (161.064) > 3.03 (F table). This states that learning discipline and emotional intelligence have a significant influence on student achievement.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar; Kecerdasan Emosional; Prestasi Belajar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Jun 2024 02:54
Last Modified: 15 Jun 2024 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22688

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics