Korelasi antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Ma’arif Sikampuh kecamatan Kroya kabupaten Cilacap tahun 2010
Riyadi, Agus (2011) Korelasi antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Ma’arif Sikampuh kecamatan Kroya kabupaten Cilacap tahun 2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111541_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (577kB) | Preview
73111541_bab1.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
73111541_bab2.pdf - Accepted Version
Download (156kB) | Preview
73111541_bab3.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
73111541_bab4.pdf - Accepted Version
Download (57kB) | Preview
73111541_bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
73111541_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui; 1). Bagaimana disiplin belajar (x), 2). Bagaimana prestasi belajar siswa (Y), dan 3). Adakah korelasi antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Ma’arif Sikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun 2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Ma’arif Sikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap yang berjumlah 176 siswa. Dengan melihat populasi kelas VIII, sehingga pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yakni dengan mengabil 25% dari populasi yaitu 44 responden yang diambil secara acak.
Penelitian inidilaksanakan pada tanggal 1 s/d 30 Nopember 2010, untuk pengambilan data dengan mempergunakan angket yang telah di kerjakan untuk ujivaliditas dan reliabilitasnya. Dan teknik analisis data yang digunakan untuk mencari korelasi antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Ma’arif Sikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap adalah dengan menggunakan rumus product moment. Adapun hasil dalam penelitian ini setelah dilakukan pengumpulan data yang kemudian dianalisis secara statistik menunjukan hasil bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Ma’arif Sikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun 2010. Sebagai tindak lanjutan untuk membuktikan kebenarannya, maka dari hasil yang telah diperoleh berdasarkan hitungan statistik atau telah diketahui "r" hitungannya itu dikonsultasikan dengan nilai analisis dalam hitungan "r" tabel. Baik taraf signifikan 5% maupun 1% yang hasilnya adalah : 0,4135. Sedang "r" tabel untuk 5% (44) = 0,297 dan 1% (44) = 0,384.
Dengan demikian dapat diketahui bahwa disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terdapat korelasi yang signifikan, sebab hasil "r" hitungannya itu lebih besar dari pada "r" tabel. Baik dalam taraf signifikan 5% maupun 1%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak, dan hipotesis kerja (Ha) diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Belajar; Aqidah Akhlak; Prestasi Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 04:42 |
Last Modified: | 24 Jun 2014 04:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2269 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year