Pengaruh konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 1 Palabuhanratu

Estu, Loan Rose Prasasti (2023) Pengaruh konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 1 Palabuhanratu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807016051_Loan_Rose_Prasasti_Estu] Text (Skripsi_1807016051_Loan_Rose_Prasasti_Estu)
Skripsi_1807016051_Loan_Rose_Prasasti_Estu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kepercayaan diri yaitu perasaan atau sikap di mana individu tidak membandingkan dirinya dengan orang lain, sebab individu merasa sudah cukup aman serta tahu mengenai apa yang individu butuhkan di dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris Pengaruh Konsep Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 1 Palabuhanratu. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebesar 1.125 siswa/i SMP Negeri 1 Palabuhanratu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling, di mana sampel diambil secara acak berdasarkan kelas yang ada, kemudian diambil sebanyak 298 siswa/i SMP Negeri 1 Palabuhanratu yang akan dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kolerasional. Terdapat tiga alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu skala kepercayaan diri, skala konsep diri dan skala dukungan sosial teman sebaya. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Kemudian, untuk hipotesis menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan tiga hipotesis yaitu adanya pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 1 Palabuhanratu dengan nilai sig. 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 65,9%, adanya pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 1 Palabuhanratu dengan nilai sig. 0,002 dan sumbangan efektif sebesar 14,1%, dan adanya pengaruh konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 1 Palabuhanratu dengan nilai sig. 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 52,5%.

ABSTRACT:
Confidence is a feeling or attitude in which the individual does not compare himself with other people, because the individual feels safe enough and knows what the individual needs in his life. This study aims to empirically examine the effect of self-concept and peer social support on students' self-confidence at SMP Negeri 1 Palabuhanratu. The total population in this study was 1,125 students of SMP Negeri 1 Palabuhanratu. The sampling technique used in this study was cluster random sampling, in which samples were taken randomly based on existing classes, then 298 students were taken at SMP Negeri 1 Palabuhanratu as samples. This study uses a quantitative method with a correlational approach. There are three measurement tools used in this study, namely the self-confidence scale, self-concept scale and peer social support scale. The data analysis method uses the classic assumption test which consists of the normality test, linearity test, and multicollinearity test. Then, for the hypothesis using multiple linear regression test. The results of the multiple linear regression test showed three hypotheses, namely the influence of self-concept on students' self-confidence at SMP Negeri 1 Palabuhanratu with a sig. 0.000 and an effective contribution of 65.9%, there is the influence of peer social support on student self-confidence at SMP Negeri 1 Palabuhanratu with a sig. 0.002 and an effective contribution of 14.1%, and the influence of self-concept and peer social support on student self-confidence at SMP Negeri 1 Palabuhanratu with a sig. 0.000 and an effective contribution of 52.5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial; Teman sebaya; Kepercayaan diri; Konsep diri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:31
Last Modified: 26 Jun 2024 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22694

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics