Hubungan religiusitas dan kepercayaan diri dengan kecemasan dalam menyusun skripsi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Cahyati, Cicih (2023) Hubungan religiusitas dan kepercayaan diri dengan kecemasan dalam menyusun skripsi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1907016016_Cicih_Cahyati] Text (Skripsi_1907016016_Cicih_Cahyati)
Skripsi_1907016016_Cicih_Cahyati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kecemasan adalah perasaan akan ketakutan tanpa sebab dan keprihatinan akan masa depan, yang datang jika ada situasi berupa ancaman atau stresful yang menekan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris adanya hubungan antara religiusitas dan kepercayaan diri dengan kecemasan dalam menyusun skripsi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan menggunakan skala kecemasan, religiusitas dan kepercayaan diri yang dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment untuk hipotesis 1 dan 2, untuk hipotesis 3 menggunakan korelasi berganda. Adapun tekhnik sampling yang digunakan yaitu tekhnik non probability sampling dengan metode accidental sampling dengan subjek sebanyak 265 mahasiswa tingkat akhir UIN Walisongo Semarang dengan rentang angkatan dari 2016-2019. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara religiusitas dan kepercayaan diri dengan kecemasan dengan nilai r = 0,624 dan f = 0,000 yaitu semakin tinggi nilai skor religiusitas dan kepercayaan diri maka akan semakin rendah skor nilai kecemasan.

ABSTRACT:
Anxiety is a feeling of unreasonable fear and concern about the future, which comes when a threatening or stressful situation is pressing. This study aims to test empirically the existence of a relationship between religiosity and self-confidence with anxiety in writing a thesis on students of UIN Walisongo Semarang. This study used a correlational quantitative approach using anxiety, religiosity and self-confidence scales which were analyzed using product moment correlation for hypotheses 1 and 2, for hypothesis 3 using multiple correlation. The sampling technique used is the non-probability sampling technique with the accidental sampling method with 265 final year students at UIN Walisongo Semarang, with a class range from 2016-2019. The results of this study indicate a relationship between religiosity and self-confidence with anxiety with a value of r = 0.624 and f = 0.000, namely the higher the score of religiosity and self-confidence, the lower the score of anxiety.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecemasan; Religiusitas; Kepercayaan diri; Mahasiswa; Skripsi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:43
Last Modified: 02 Jul 2024 06:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22711

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics