Pengaruh brand image dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Mintarsih, Imas (2023) Pengaruh brand image dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1907016038_Imas_Mintarsih] Text (Skripsi_1907016038_Imas_Mintarsih)
Skripsi_1907016038_Imas_Mintarsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Abstrak : Perilaku konsumtif merupakan perilaku membeli secara impulsive, boros, dan tidak dilandasi oleh pertimbangan atau kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah meneliti secara empiris pengaruh brand image dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Subjek penelitian ini sebanyak 384 mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Intrumen penelitian ini menggunakan skala perilaku konsumtif, skala brand image, dan skala konsep diri. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil uji regresi dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh negatif antara brand image terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang dengan nilai signifikansi 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 69%. Kemudian adanya terdapat pengaruh negatif antara konsep diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang dengan nilai signifikansi 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 11,2%. Serta terdapat pengaruh brand image dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang dengan nilai signifikansi 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 13,3%.

ABSTRACT:
Consumptive behavior is buying behavior impulsively, extravagantly, and not based on consideration or need. The purpose of this study was to empirically examine the effect of brand image and self-concept on consumer behavior in UIN Walisongo Semarang students. The subjects of this study were 384 students of UIN Walisongo Semarang. The sampling technique used in this study was purposive sampling. The method used in this research is quantitative. The instrument of this research uses a consumptive behavior scale, brand image scale, and self-concept scale. Data analysis in this study used regression analysis. The results of the regression test from this study were that there was a negative influence between brand image and consumptive behavior in UIN Walisongo Semarang students with a significance value of 0.000 and an effective contribution of 69%. Then there is a negative influence between self-concept on consumptive behavior in UIN Walisongo Semarang students with a significance value of 0.000 and an effective contribution of 11.2%. As well as the influence of brand image and self-concept on consumptive behavior in UIN Walisongo Semarang students with a significance value of 0.000 and an effective contribution of 13.3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Brand image; Konsep diri; Perilaku konsumtif; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:14
Last Modified: 02 Jul 2024 07:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22714

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics