Fun coloring untuk menurunkan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada pasien anak prasekolah (3-6 tahun)
Lestiya, Hasna Ulayya Adhwa (2023) Fun coloring untuk menurunkan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada pasien anak prasekolah (3-6 tahun). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1907016112_Hasna_Ulayya_Adhwa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Bermain adalah salah satu kegiatan yang sangat disukai oleh anak-anak usia prasekolah. Melalui bermain anak akan mendapatkan banyak pengalaman baru dan pembelajaran baru. Selain itu dengan bermain anak juga dapat memenuhi perkembangan sosialnya sehingga dapat membantu anak untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal. Rumah sakit menjadi salah satu tempat yang kurang menyenangkan untuk anak-anak. Ketika anak mengalami perawatan di rumah sakit atau mengalami hospitalisasi anak harus dapat beradaptasi di lingkungan rumah sakit. Ketika mengalami hospitalisasi kebutuhan bermainnya menjadi terganggu. Akibatnya anak merasa kurang nyaman dan dapat memicu terjadinya kecemasan hospitalisasi. Kecemasan hospitalisasi adalah sebuah perasaan tidak nyaman yang muncul karena mengalami perawatan di rumah sakit. Terapi bermain adalah sebuah terapi yang menggunakan permainan sebagai media terapinya. Terapi mewarnai gambar cocok diberikan kepada anak usia prasekolah yang sedang mengalami perawatan di rumah sakit. Melalui terapi bermain mewarnai gambar anak dapat mengungkapkan apa yang dia rasakan dan anak dapat menuangkan emosinya kedalam sebuah gambar. Selain itu terapi bermain mewarnai gambar juga dapat membantu anak untuk menurunkan tingkat kecemasan yang diraskannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh dari terapi bermain mewarnai gambar dengan adanya kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan nonequvalent control group design dengan jumlah subjek sebanyak 20 orang, 10 sebagai kelompok eksperimen dan 10 sebagai kelompok kontrol. Menggunakan alat ukur Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) dan menggunakan analisis data paired sample t-test dengan hasil pada kelompok eksperimen menunjukkan tingkat Sig. (2-tailed) 0,0000. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya penurunan tingkat kecemasan secara signifikan.
ABSTRACT:
Playing is one of the activities that preschool-age children really like. Through playing, children will get many new experiences and new learning. Besides that, by playing children can fulfill their social development so that it can help children grow and develop optimally. The hospital is an unpleasant places for children. When the child experiences hospital treatment or hospitalization, the child must adapt to the hospital environment. When hospitalized, their playing activity needs became disrupted. As a result, children feel uncomfortable, which is can trigger hospitalization anxiety. Hospitalization anxiety is a feeling of discomfort that arises from experiencing hospital treatment. Play therapy is a therapy that uses games as a therapeutic medium. Image coloring play therapy is suitable for preschool-aged children who are undergoing treatment at the hospital. Through play therapy coloring pictures, children can express what they feel and pour their emotions into a picture. In addition, play therapy coloring pictures can also help children to reduce the level of anxiety they feel. The purpose of this research want to see how much influence play therapy had on coloring pictures in the presence of a control group. This research used a non-equivalent control group design with 20 subjects, 10 as the experimental group and 10 as the control group. Using the Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) measuring instrument and using paired sample t-test data analysis with the results in the experimental group showing the level of Sig. (2-heads) 0.0000. Based on these results, indicate a significant decrease in anxiety levels.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hospitalisasi; Terapi bermain; Mewarnai gambar; Tingkat kecemasan; Pasien anak; Fun coloring |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:30 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 02:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22726 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year