Pengaruh resiliensi dan regulasi diri terhadap prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur'an pada santri Pondok Pesantren Daarul Qalam Semarang
Sabila, Nur Alfiana (2023) Pengaruh resiliensi dan regulasi diri terhadap prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur'an pada santri Pondok Pesantren Daarul Qalam Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1907016118_Nur_Alfiana_Sabila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur’an adalah perilaku menunda-nunda dalam proses menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh resiliensi dan regulasi diri terhadap prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur'an pada santri Pondok Pesantren Daarul Qalam Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan subjek sebanyak 79 santri. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala resiliensi, skala regulasi diri dan skala prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur'an. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS for windows versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh resiliensi dan regulasi diri terhadap prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur'an dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,514 dan taraf signifikansi 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara resiliensi dan regulasi diri terhadap prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur’an sebesar 51,4%. Semakin tinggi tingkat resiliensi dan regulasi diri maka semakin rendah tingkat prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur'an santri. Sebaliknya, semakin rendah tingkat resiliensi dan regulasi diri maka semakin tinggi tingkat prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur'an pada santri. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas subjek penelitian untuk mengetahui apakah resiliensi dan regulasi diri berpengaruh terhadap prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur'an.
ABSTRACT:
Procrastination in memorizing the Qur'an is the behavior of postponing the process of memorizing the Qur'an. This study aims to determine whether there is an influence of resilience and self-regulation on procrastination in memorizing the Qur'an among students of Daarul Qalam Islamic Boarding School in Semarang. This study uses a quantitative research method with a sample of 79 students. The measurements in this study use resilience scale, self-regulation scale, and procrastination scale in memorizing the Qur'an. Data analysis is conducted using multiple linear regression analysis using SPSS for Windows version 21.0. The results of the study show the influence of resilience and self-regulation on procrastination in memorizing the Qur'an with a coefficient of determination of 0.514 and a significance level of 0.000. This indicates that there is a significant influence between resilience and self-regulation on procrastination in memorizing the Qur'an, accounting for 51,4%. The higher the level of resilience and self-regulation, the lower the level of procrastination in memorizing the Qur'an among students. Conversely, the lower the level of resilience and self-regulation, the higher the level of procrastination in memorizing the Qur'an among students. In future research, it is expected to expand the subject of the study to determine whether resilience and self-regulation have an effect on procrastination in memorizing the Qur'an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Resiliensi; Regulasi diri; Prokrastinasi |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 01:49 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 01:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22728 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year