Upaya meningkatkan keterampilan menulis huruf Arab melalui metode kitabah di RA Al-Hidayah kelas B Jagalan Cebongan Salatiga tahun pelajaran 2010/2011
Sumarni, Endang (2011) Upaya meningkatkan keterampilan menulis huruf Arab melalui metode kitabah di RA Al-Hidayah kelas B Jagalan Cebongan Salatiga tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111546_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (960kB) | Preview
73111546_bab1.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
73111546_bab2.pdf - Accepted Version
Download (98kB) | Preview
73111546_bab3.pdf - Accepted Version
Download (42kB) | Preview
73111546_bab4.pdf - Accepted Version
Download (62kB) | Preview
73111546_bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
73111546_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan keterampilan menulis huruf arab melalui metode kitabah di RA Al-Hidayah Kelas B Jagalan Cebongan Salatiga tahun pelajaran 2010/2011.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif prosentase. Peneliti tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subyek penelitian sebanyak 18 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, test dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kitabah dalam menulis huruf arab mempermudah bagi guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan mengoptimalkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 71 dan pada siklus II meningkat menjadi 78. Aktifitas belajar peserta didik juga dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode kitabah, dengan model ini guru mudah merangsang keaktifan peserta didik melalui aktifitas menulis yang dilakukan secara sistematis. Guru juga mudah memantau aktivitas peserta didik sehingga tingkat kesukaran dan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dapat diketahui dan dicarikan solusinya oleh guru. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik ini dapat terlihat dari siklus I dan siklus II, secara berturut-turut sebesar 75,00 % dan 81,60 %.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Metode kitabah terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis huruf arab. Oleh karena itu, para guru RA dapat menggunakan metode kitabah dalam pembelajaran menulis huruf arab
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Huruf Arab; Metode Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 04:55 |
Last Modified: | 24 Jun 2014 04:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2273 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year