Hubungan antara persepsi dukungan sosial dan kesepian, dengan resiliensi pada remaja di panti asuhan Kota Semarang

Muna, Lana Yusriyatul (2023) Hubungan antara persepsi dukungan sosial dan kesepian, dengan resiliensi pada remaja di panti asuhan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1907016156_Lana_Yusriyatul_Muna] Text (Skripsi_1907016156_Lana_Yusriyatul_Muna)
Skripsi_1907016156_Lana_Yusriyatul_Muna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Remaja di panti asuhan sudah seharusnya mendapat perhatian penting, terutama jika kita tilik melalui latar belakang penghuni panti asuhan dengan problematikanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan persepsi dukungan sosial dan kesepian dengan resiliensi pada remaja panti asuhan di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif desain lapangan korelasional melalui korelasi berganda dan product moment untuk analisis penelitian. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 114 remaja panti asuhan di Kota Semarang. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Data penelitian diperoleh dengan memberikan skala ukur variabel yang telah ditentukan kepada sampel. Hasil penelitian ini memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (P < 0,05) dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,036. Hasil tersebut menunjukan adanya hubungan yang lemah antara persepsi dukungan sosial dan kesepian dengan resiliensi pada remaja panti asuhan di Kota Semarang. Adapun kontribusi secara simultan antara persepsi dukungan sosial dan kesepian dengan resiliensi sebesar 3,6%.

ABSTRACT:
Adolescents in orphanages should receive important attention, especially if we look at the backgrounds of the orphanage residents and their problems. This study aims to empirically examine the relationship between perceptions of social support and loneliness with resilience in adolescents at orphanages in the city of Semarang. This research was conducted using a quantitative approach to correlational field design through multiple correlations and product moment for research analysis. The population in this study were 114 orphanages in the city of Semarang. The sampling method used is saturated sampling. The research data was obtained by giving a predetermined variable measuring scale to the sample. The results of this study obtained a significance value of 0.000, which means that the significance value is less than 0.05 (P <0.05) with a correlation coefficient of 0.036. These results indicate that there is a weak relationship between perceptions of social support and loneliness with resilience in adolescents at orphanages in the city of Semarang. The simultaneous contribution between perceptions of social support and loneliness with resilience is 3.6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Remaja; Resiliensi; Persepsi; Dukungan sosial; Kesepian; Panti asuhan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:57
Last Modified: 04 Jul 2024 03:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22736

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics