Studi komparasi hasil belajar bahasa Arab siswi yang berlatar belakang pendidikan SMP, MTs dan MTs di lingkungan pesantren di kelas X MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara
Cahyadi, Budi Barlian (2011) Studi komparasi hasil belajar bahasa Arab siswi yang berlatar belakang pendidikan SMP, MTs dan MTs di lingkungan pesantren di kelas X MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111547_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (711kB) | Preview
73111547_bab1.pdf - Accepted Version
Download (40kB) | Preview
73111547_bab2.pdf - Accepted Version
Download (105kB) | Preview
73111547_bab3.pdf - Accepted Version
Download (39kB) | Preview
73111547_bab4.pdf - Accepted Version
Download (42kB) | Preview
73111547_bab5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
73111547_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (7kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui prestasi hasil belajar Bahasa Arab di MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara yang berlatar belakang pendidikan SMP; 2) Untuk mengetahui prestasi hasil belajar Bahasa Arab di MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara yang berlatar belakang pendidikan MTs yang berada di lingkungan pesantren; 3) Untuk mengetahui prestasi hasil belajar Bahasa Arab di MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara yang berlatar belakang pendidikan MTs murni (tidak berada di lingkungan pesantren); 4)Untuk mengetahui perbedaan prestasi hasil belajar Bahasa Arab antara Siswi MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara yang berasal dari SMP, MTs murni dan MTs pesantren.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik komparasi. Subyek penelitian sebanyak 30 sampel dari populasi 52 orang, menggunakan teknik quota sampling dengan 10 sampel untuk masing-masing kategori yaitu : a) 10 sampel untuk siswi berlatar belakang pendidikan SMP; b) 10 sampel untuk siswi berlatar belakang pendidikan MTs murni; dan c) 10 sampel untuk siswi berlatar belakang pendidikan MTs pesantren. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, dengan hasil tes seperti yang tertera dalam buku laporan pendidikan atau raport.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan Analisis of Varians (ANAVA). Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan dengan prestasi hasil belajar bahasa Arab, ditunjukkan oleh nilai dari F hitung > F tabel, sehingga Ho ditolak. Karena diperoleh F hitung = 5.04, dalam taraf (derajat) signifikansi 0.05 atau α = 0.05 diperoleh F tabel = 3.35 berarti F hitung > F tabel sehingga Ho ditolak (H diterima). Tetapi dalam taraf (derajat) signifikansi 0.01 atau α = 0.01 diperoleh F tabel = 5.49 berarti F hitung < F tabel sehingga Ho diterima (H ditolak).
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua fihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Bahasa Arab |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 04:57 |
Last Modified: | 27 Jun 2014 04:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2274 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year