Pengaruh penerapan model learning cycle 7e terhadap keterampilan generik sains dan rasa percaya diri siswa sma pada materi sistem ekskresi

Dewi, Anjaly Puspita (2023) Pengaruh penerapan model learning cycle 7e terhadap keterampilan generik sains dan rasa percaya diri siswa sma pada materi sistem ekskresi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086004_Anjaly_Puspita_Dewi] Text (Skripsi_1908086004_Anjaly_Puspita_Dewi)
Skripsi_1908086004_Anjaly_Puspita_Dewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan Generik Sains (KGS) merupakan salah satu keterampilan kognitif yang diperlukan pada pendidikan abad 21. Sebab KGS akan berpengaruh pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Selain aspek kognitif, perlu juga meningkatkan aspek afektif, salah satunya adalah rasa percaya diri (self confidence). Rasa percaya diri akan membuat siswa berkembang secara optimal serta mampu dan yakin dalam mengambil keputusan. Salat satu inovasi model pembelajaran yang dipandang mampu meningkatkan keterampilan generik sains dan rasa percaya diri siswa adalah model learning cycle 7E. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh model learning cycle 7E terhadap keterampilan generik sains dan rasa percaya diri siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control grup. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Semarang dan sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji statistik nonparametrik jenis Wilcoxon. Hasil dari penelitian yang dilakukan meliputi: pertama, ada pengaruh penerapan model learning cycle 7E terhadap Keterampilan Generik Sains terbukti dari adanya perbedaan nilai rata-rata serta hasil uji signifikansi 0,000 < 0,05. Kedua, ada pengaruh penerapan model learning cycle 7E terhadap rasa percaya diri siswa terbukti dari adanya perbedaan nilai rata-rata serta hasil uji signifikansi 0,005 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Keterampilan Generik Sains (KGS); Learning cycle 7E; Rasa Percaya Diri; Siswa SMA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:55
Last Modified: 09 Jul 2024 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22748

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics