Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan literasi sains dan self-efficacy peserta didik SMA
Aulia, Rahmi (2023) Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan literasi sains dan self-efficacy peserta didik SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908086011_Rahmi_Aulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (13MB)
Abstract
Pembelajaran abad ke-21 tidak hanya mengandalkan pengetahuan akan tetapi keterampilan pun ikut berperan. Literasi sains menjadi salah satu aspek yang memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Selain itu, pelaksanaan pembelajaran akan berjalan dengan baik dapat dipengaruhi oleh karakteristik peserta didik berupa keyakinan yang kuat dalam diri (self-efficacy) untuk menyelesaikan tantangan yang harus dihadapi peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dinilai tepat dalam mengembangkan kemampuan literasi sains dan sikap self-efficacy yaitu Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan literasi sains dan self-efficacy peserta didik SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas X-10 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-11 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal dan angket pretest – posttest literasi sains dan self-efficacy, lembar observasi peserta didik dan guru, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan literasi sains dan self-efficacy peserta didik SMA. Hal ini dilihat dari analisis uji anacova kemampuan literasi sains dan self-efficacy dengan signifikansinya sebesar 0,001<0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Group Investigation; Literasi Sains; Self-Efficacy; Peserta didik SMA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 07:16 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 07:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22750 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year