Pengaruh model pembelajaran tipe think talk write terhadap berpikir kritis dan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMA
Syam, Amin (2023) Pengaruh model pembelajaran tipe think talk write terhadap berpikir kritis dan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908086012_Amin_Syam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Saat ini, dunia pendidikan dikenal dengan masa pengetahuan yang membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, ada beberapa kompetensi yang harus dikuasai setiap individu siswa yaitu berpikir kritis dan komunikasi interpersonal. Salah satu model pembelajaran yang relevan dalam meningkatkan kompetensi tersebut yaitu Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran tipe TTW terhadap berpikir kritis dan komunikasi interpersonal. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel siswa kelas X.3 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X.9 sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar observasi, soal (berpikir kritis), dan angket (komunikasi interpersonal). Uji hipotesis menggunakan ANACOVA. Berdasarkan hasil penelitian, menujukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran tipe TTW terhadap berpikir kritis siswa yang dilihat dari Uji ANACOVA dimana Fhitung (19,69) > Ftabel (3,98). (2) tidak terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran tipe TTW terhadap komunikasi interpersonal siswa yang dilihat dari hasi Uji ANACOVA dimana Nilai Fhitung (0,043) < Ftabel (3,98).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Berpikir Kritis; Komunikasi Interpersonal; Think Talk Write; Siswa SMA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 07:27 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22751 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year