Studi komparasi model pembelajaran student team achievement divisions dan aplikasi Android terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa SMAN 1 Kaliwungu

Fitriani, Nurfausiah (2023) Studi komparasi model pembelajaran student team achievement divisions dan aplikasi Android terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa SMAN 1 Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086014_Nurfausiah_Fitriani] Text (Skripsi_1908086014_Nurfausiah_Fitriani)
Skripsi_1908086014_Nurfausiah_Fitriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa yang masih perlu ditingkatkan. Jenis penelitian berupa kuantitatif dengan studi komparasi. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling terpilih kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 5. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan aplikasi Android pada siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kaliwungu. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes dan non tes. Teknik analisis data yang diperlukan adalah uji homogenitas, uji normalitas, uji Independent Sample test, serta uji N-gain. Uji Independent Sample test nilai sig (2-tailed) untuk kemampuan berpikir kritis adalah 0,027 dan nilai sig (2-tailed) untuk keterampilan kolaborasi adalah 0,039 karena perolehan nilai sig 2-tailed < 0,05 maka ditetapkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan aplikasi Android. Uji N-gain didapatkan hasil bahwa model pembelajaran STAD meningkatkan kemampuan berpikir kritis lebih efektif, sedangkan keterampilan kolaborasi cukup efektif pada kedua kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Aplikasi Android; Berpikir kritis; Kolaborasi; LKPD; Student Team Achievement Divisions (STAD); Siswa SMA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:15
Last Modified: 09 Jul 2024 08:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22752

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics