Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap keterampilan kolaborasi dan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi kelas XI

Angkalawi, Tahtihal Nur Harani (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap keterampilan kolaborasi dan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086016_Tahtihal_Nur_Harani_Angkalawi] Text (Skripsi_1908086016_Tahtihal_Nur_Harani_Angkalawi)
Skripsi_1908086016_Tahtihal_Nur_Harani_Angkalawi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Biologi kelas XI masih menerapkan model pembelajaran Teacher Center Learning (TCL) dengan metode ceramah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahhui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan kolaborasi dan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi kelas XI. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan adalah kelas XI MINAT 2 dan XI MINAT 3, dimana XI MINAT 2 berjumlah 23 siswa dan XI MINAT 3 berjumlah 16 siswa. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, penyebaran angket dan tes serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan kolaborasi dan kemampuan literasi sains siswa. Hal ini dibuktikan melalui analisis uji hipotesis anakova keterampilan kolaborasi dan kemampuan literasi sains dengan taraf signifikansi (2-tailed) secara berturut-turut sebesar 0,000 dan 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Kolaborasi; Literasi Sains; Model Pembelajaran; Problem Based Learning (PBL)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2024 09:04
Last Modified: 09 Jul 2024 09:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22753

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics