Pengaruh model guided inquiry terhadap keterampilan komunikasi lisan dan berpikir kritis pada siswa kelas XI SMA

Laili, Nur (2023) Pengaruh model guided inquiry terhadap keterampilan komunikasi lisan dan berpikir kritis pada siswa kelas XI SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086027_Nur_Laili] Text (Skripsi_1908086027_Nur_Laili)
Skripsi_1908086027_Nur_Laili.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan pada abad 21 menuntut siswa untuk memiliki berbagai keterampilan salah satunya keterampilan komunikasi lisan dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan komunikasi lisan dan berpikir kritis setelah menggunakan model guided inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design. Desain penelitian ini menggunakan the non-equivalent control group design. Desain ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen menggunakan model guided inquiry dan kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 01 Paciran. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji anacova untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis pengaruh model guided inquiry terhadap keterampilan komunikasi lisan diperoleh nilai sig sebesar 0,586 sehingga Ha ditolak, uji hipotesis pengaruh model guided inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai sig sebesar 0,006 sehingga Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh model guided inquiry terhadap keterampilan komunikasi lisan dan terdapat pengaruh model guided inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Guided inquiry; Berpikir Kritis; Komunikasi Lisan; Siswa SMA
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.22 Kinds of communication
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2024 00:57
Last Modified: 10 Jul 2024 00:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22757

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics