Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa

Hidayati, Eni (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086044_Eni_Hidayati] Text (Skripsi_1908086044_Eni_Hidayati)
Skripsi_1908086044_Eni_Hidayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Abad 21 menuntut lembaga pendidikan untuk memiliki keterampilan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) agar dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Hasil observasi dan angket yang dilakukan di SMA N 13 Semarang menunjukkan bahwa siswa belum memenuhi indikator keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Penelitian menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write ini dilakukan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design yang berbentuk post-respond only control design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 (kelas eksperimen) dan XI MIPA 4 (kelas kontrol). Metode pengumpulan data keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang digunakan yaitu lembar observasi dan angket. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan lembar observasi keterampilan komunikasi yang menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan hasil perhitungan angket keterampilan komunikasi yang menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,013 < 0,05. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write Write secara signifikan maupun tidak signifikan berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan lembar observasi keterampilan kolaborasi yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan hasil perhitungan angket menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) 0,338 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Think Talk Write; Keterampilan komunikasi; Keterampilan kolaborasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:16
Last Modified: 10 Jul 2024 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22764

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics