Pengembangan petunjuk praktikum biologi berbasis inkuiri terstruktur untuk menunjang keterampilan proses sains siswa kelas XI MIPA

Pratiwi, Isnaeni Devi Lutvia (2023) Pengembangan petunjuk praktikum biologi berbasis inkuiri terstruktur untuk menunjang keterampilan proses sains siswa kelas XI MIPA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086047_Isnaeni_Devi_Lutvia_Pratiwi] Text (Skripsi_1908086047_Isnaeni_Devi_Lutvia_Pratiwi)
Skripsi_1908086047_Isnaeni_Devi_Lutvia_Pratiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran biologi pada abad 21 menuntut siswa menguasai keterampilan ilmiah, salah satunya adalah keterampilan proses sains (KPS). KPS dapat dilatih guru ke siswa melalui model pembelajaran inkuiri terstruktur menggunakan metode praktikum. Hasil analisis observasi dan wawancara guru biologi, KPS siswa belum terlatih secara optimal. Guru masih kesulitan mengintegrasikan KPS dengan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui desain produk dan kelayakan petunjuk praktikum biologi berbasis inkuiri terstruktur sehingga diharapkan mampu menunjang KPS siswa. Jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE mengacu pada Dick and Carry, dibatasi melalui tiga tahapan analisis, desain, dan pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan angket. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Semarang menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Hasil desain pengembangan petunjuk praktikum biologi berbasis inkuiri terstruktur memuat lima kegiatan praktikum sesuai materi yang dipraktikumkan, fitur yang ada pada produk petunjuk praktikum terdiri dari cover, kata pengantar, tata tertib laboratorium, panduan penggunaan petunjuk praktikum, panduan penulisan laporan praktikum, rubrik penilaian praktikum, daftar isi, judul praktikum, KD, indikator, eksplorasi fenomena, pertanyaan fokus, tujuan pengamatan, hipotesis, alat dan bahan, prosedur kerja, hasil pengamatan, simpulan, mengkomunikasikan hasil pengamatan, evaluasi, daftar pustaka, unjuk kreativitas, glosarium, dan biografi penulis. 2) Kelayakan produk petunjuk praktikum diperoleh dari ahli materi sebesar 82,5% (sangat layak), ahli metodologi pembelajaran dan KPS 91,25% (sangat layak), ahli media 77,5% (layak), dan guru biologi 92,22% (sangat layak) serta hasil uji coba skala kecil pada siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 8 Semarang diperoleh hasil nilai sebesar 87,25% sehingga petunjuk praktikum bioogi berbasis inkuiri terstruktur dikategorikan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Petunjuk Praktikum; Biologi; Inkuiri Terstruktur; Keterampilan Proses Sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:40
Last Modified: 10 Jul 2024 03:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22765

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics