Pengaruh model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) terhadap kemampuan literasi digital dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI SMAN 1 Ungaran

Zulhaida, Munifatul Mahfud (2023) Pengaruh model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) terhadap kemampuan literasi digital dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI SMAN 1 Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086064_Munifatul_Mahfud_Zulhaida] Text (Skripsi_1908086064_Munifatul_Mahfud_Zulhaida)
Skripsi_1908086064_Munifatul_Mahfud_Zulhaida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penekanan pendidikan abad 21 adalah pada kemampuan siswa untuk memperoleh informasi dan data dari berbagai sumber, merumuskan permasalahan, berpikir analitis, dan bekerja serta berkolaborasi untuk memecahkan suatu permasalahan. Penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) menjadi alternatif model untuk meningkatkan kemampusn literasi digital dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) untuk menganalisis pengaruh penerapan model SSCS terhadap kemampuan literasi digital siswa. 2) untuk menganalisis pengaruh penerapan model SSCS terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa Jenis penelitian yaitu kuasi eksperimen. Desain penelitian yaitu pretest posttest control group design. Teknik sampling yaitu random sampling dengan sampel siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu angket literasi digital dan tes uraian pemecahan masalah. Uji hipotesis menggunakan uji anakova. Hasil penelitian yaitu: (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan literasi digital siswa kelas XI SMAN 1 Ungaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,01<0,05 dengan demikian Ha diterima, menunjukkan bahwa ada perbedaan setelah penerapan model SSCS. (2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran SSCS terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI SMAN 1 Ungaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,039<0,05 dengan demikian Ha diterima, menunjukkan bahwa ada perbedaan setelah penerapan model SSCS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi digital; Model pembelajaran; Search, Solve, Create, and Share (SSCS); Pemecahan masalah; Siswa SMA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:42
Last Modified: 10 Jul 2024 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22769

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics