Profil guru ideal dalam perspektif siswa kelas tinggi Madrasah Ibtidaiyah Hasanuddin Bandarharjo kecamatan Semarang Utara kota Semarang tahun pelajaran 2010/2011
Rukmini, Rukmini (2011) Profil guru ideal dalam perspektif siswa kelas tinggi Madrasah Ibtidaiyah Hasanuddin Bandarharjo kecamatan Semarang Utara kota Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111550_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (792kB) | Preview
73111550_bab1.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
73111550_bab2.pdf - Accepted Version
Download (109kB) | Preview
73111550_bab3.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
73111550_bab4.pdf - Accepted Version
Download (67kB) | Preview
73111550_bab5.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
73111550_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Profil guru ideal madrasah ibtidaiyah dalam perspektif siswa kelas tinggi, adalah sosok seseorang yang menunjukkan kemampuan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan 4 (empat) kompetensi, yaitu kompeteni paedagogik, kompetensi professional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Tugas dan fungsi guru mengajar, mendidik, membina, mampu memberi bimbingan terhadap orang lain seperti siswa, dan mampu memberi suri tauladan kepada siswa, orang tua siswa dan masyarakat. Guru merupakan ujung tombak untuk meningkatkan mutu dalam ketakwaan terhadap Allah dan pendidikan baik akademis maupun non akademis.
Kelas tinggi yang dimaksud pada penelitian ini adalah siswa yang pada tahun pelajaran 2010/2011 duduk di bangku kelas IV, V dan VI MI Hasanuddin Bandarharjo Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria tinggi, sedang atau rendah profil guru ideal dalam perspektif siswa kelas tinggi Madrasah Ibtidaiyah Hasanuddin Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang. Selain itu tujuan yang lain untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh antara profil guru ideal terhadap peningkatan prestasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hasanuddin Bandarharjo Semarang Utara.
Responden sebagai sampel dalam penelitian ini adalah Siswa kelas tinggi MI Hasanuddin Bandarharjo Semarang sejumlah 42 siswa dari populasi sebanyak 105 siswa. Untuk memperoleh data penelitian menggunakan teknik angket. Data yang
terkumpul dianalisa secara statistik diskriptif dengan persentasi dikorelasikan ke kreteria rendah, sedang dan tinggi.
Hasil penelitian berdasarkan perhitungan dari angket siswa kelas tinggi dari 42 responden terhadap profil guru ideal persentasinya adalah 85,38 % dengan kriteria tinggi. Maka kesimpulannya adalah profil guru ideal dalam perspektif siswa kelas tinggi MI Hasanuddin Bandarharjo Semarang tahun pelajaran 2010/2011 Cenderung Tinggi.
Selanjutnya peneliti menyarankan terhadap guru MI Hasanuddin Bandarharjo Semarang, meskipun secara persentasi hasil penelitian ini cenderung tinggi sebagai guru ideal dalam perspektif siswa kelas tinggi, tetap dipertahankan dan ditingkatkan serta selalu mengembangkan perilaku sebagai guru ideal seperti kemapuan paedagogik, kemampuan profesional, kemampuan sosial dan kemampuan personal.
Hasil penelitian semoga dapat menambah wawasan dan khasanah bagi peneiliti khususnya, para pembaca dan para guru pada umumnya, sehingga dengan semakin banyak guru ideal prestasi belajar siswa dan muaranya akan mengangkat perkembangan dan kemajuan pada dunia pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi di masa globalisasi ini
KATA PENGANTAR
Puji Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kepada Allah Ya Robbi, atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan tugas akademik melalui karya ilmiah dan pelaksanaan penelitian hingga penyusunan skripsi ini. Shalawat, salam penulis haturkan kepada manusia pilihan Allah, Nabi Muhammad SAW yang senantiasa menginginkan kebahagiaan umatnya di dunia dan akhirat.
Terwujudnya skripsi ini untuk memenuhi persyaratan kelulusan studi program kualifikasi S1 di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Sebagai penulis pemula, tentu kesalahan dan kekurangan tidak bisa dihindari dari penulisan skripsi ini. Oleh karena itu penulis mempersembahkan skripsi yang berjudul Profil Guru Ideal dalam Perspektif Siswa Kelas Tinggi Madrasah Ibtidaiyah Hasanuddin Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Dalam penulisan skripsi ini, penulis banyak mendapat pengetahuan dan pertimbangan dari berbagai pihak, sehingga penyusunan skripsi ini tersusun. Oleh karena itu, penulis menyampaikan ungkapan terima kasih kepada:
1. Dr. Sujai, M.Ag selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang beserta segenap stafnya.
2. Dr. Hamdani Mu’in, M.Ag, selaku pembimbing skripsi yang telah bersedia meluangkan waktu dan curahan pikirannya tanpa pamrih dan tak kenal lelah.
3. Para Dosen Pengajar di lingkungan Fakultas IAIN Walisongo Semarang, yang telah memberi bekal ilmu dan tauladan sehingga penulis dapat menyimpulkan salah satu disiplin keilmuan sebagaimana tertuang dalam skripsi ini.
4. Bapak Amin Soleh, SH, Kepala RA/MI Hasanuddin Bandarharjo Semarang yang telah memberikan ijin kepada penulis baik masa perkuliahan berlangsung maupun pemberian ijin penelitian hingga penyusunan skripsi selesai
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil Guru; Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 Jun 2014 03:41 |
Last Modified: | 25 Jun 2014 03:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2277 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year