Pengaruh model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berkomunikasi lisan peserta didik pada pembelajaran biologi kelas XI SMA
Mindiana, Agnes Tasya (2023) Pengaruh model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berkomunikasi lisan peserta didik pada pembelajaran biologi kelas XI SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908086071_Agnes_Tasya_Mindiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki beberapa keterampilan diantaranya keterampilan berpikir kritis dan komunikasi lisan. Salah satu model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan tersebut adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisis pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi lisan peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Biologi. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA II sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal uraian pretest - posttest keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi komunikasi lisan. Uji hipotesis menggunakan uji Ancova memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak, sehingga model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan komunikasi lisan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis; Komunikasi Lisan; Model Pembelajaran; Think Pair Share (TPS); Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 07:38 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22774 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year