Pengaruh model problem based learning dengan strategi active knowledge sharing terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran biologi siswa SMA kelas XI

Saniyah, Sri Tambaryati (2023) Pengaruh model problem based learning dengan strategi active knowledge sharing terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran biologi siswa SMA kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086076_Sri_Tambaryati_Saniyah] Text (Skripsi_1908086076_Sri_Tambaryati_Saniyah)
Skripsi_1908086076_Sri_Tambaryati_Saniyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan saat ini perlu membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi karena berperan penting dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dianggap efektif dalam permasalahan ini ini adalah model Problem Based Learning dengan Strategi Active Knowledge Sharing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PBL dengan strategi AKS terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling, siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar soal untuk kemampuan berpikir kritis dan lembar angket untuk keterampilan komunikasi. Uji hipotesis menggunakan Ancova. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada penerapan model pembelajaran PBL dengan strategi AKS, dengan nilai signifikansi 0.014 < 0.05 dengan demikian H₁ diterima. Terdapat perbedaan keterampilan komunikasi pada penerapan model pembelajaran PBL dengan strategi AKS, dengan nilai signifikansi 0.023 < 0.05 dengan demikian H₁ diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Active Knowledge Sharing; Berpikir Kritis; Keterampilan Komunikasi; Problem Based Learning; Siswa SMA; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:47
Last Modified: 10 Jul 2024 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22775

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics