Pengaruh problem based learning terintegrasi potensi lokal terhadap literasi sains dan higher order thinking skill pada pembelajaran biologi kelas XI SMA

Arifah, Umi (2023) Pengaruh problem based learning terintegrasi potensi lokal terhadap literasi sains dan higher order thinking skill pada pembelajaran biologi kelas XI SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086083_Umi_Arifah] Text (Skripsi_1908086083_Umi_Arifah)
Skripsi_1908086083_Umi_Arifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kurikulum 2013 lebih diarahkan untuk membekali siswa dengan sejumlah keterampilan yang dibutuhkan untuk menyongsong pembelajaran abad ke-21. Terdapat beberapa kemampuan yang harus dimiliki siswa antara lain adalah literasi sains dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Diperlukan pelaksanaan model pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan literasi sains siswa salah satunya Problem Based Learning (PBL) terintegrasi potensi lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terintegrasi potensi lokal terhadap literasi sains dan Higher Order Thinking Skill pada pembelajaran biologi kelas XI SMA. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode quasi experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel dari populasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kradenan. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes berupa soal kemampuan literasi sains dan HOTS. Analisis data penelitian menggunakan uji anacova. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Terdapat pengaruh problem based learning terintegrasi potensi lokal terhadap literasi sains pada pembelajaran biologi kelas XI SMA dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, artinya H1 1 diterima. 2. Terdapat pengaruh problem based learning terintegrasi potensi lokal terhadap HOTS pada pembelajaran biologi kelas XI SMA dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, artinya H1 2 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Potensi Lokal; Literasi Sains; Higher Order Thinking Skill; Pembelajaran Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:55
Last Modified: 10 Jul 2024 07:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22777

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics