Meta analisis pengaruh penggunaan model Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar biologi pada siswa SMP/MTs dan SMA/MA

Maulida, Zidna Delia (2023) Meta analisis pengaruh penggunaan model Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar biologi pada siswa SMP/MTs dan SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086093_Zidna_Delia_Maulida] Text (Skripsi_1908086093_Zidna_Delia_Maulida)
Skripsi_1908086093_Zidna_Delia_Maulida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Problematika hasil belajar biologi di sekolah termasuk dalam kategori rendah, salah satunya karena faktor model pembelajaran yang digunakan. Penerapan pembelajaran konstruktivisme salah satunya model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi pada siswa. Model POE membantu siswa belajar secara konkrit, meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan peran aktif siswa dalam menerapkan pemahaman materi atau konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh penggunaan model Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar biologi pada siswa. Metode yang digunakan adalah meta analisis yang termasuk dalam penelitian kuantitatif disertai pemberian kode (coding data) dan penghitungan effect size. Hasil penelitian ini terdapat tiga poin penting. Pertama, besar pengaruh penggunaan model POE yang ditinjau berdasarkan variabel terikat (hasil belajar) yakni memberikan pengaruh sedang dengan diperolehnya rerata effect size 0,64. Kedua, besar pengaruh penggunaan model POE berdasarkan materi pembelajaran biologi dengan kategori efek tinggi pada materi sistem ekskresi, effect size sebesar 1,12. Ketiga, besar pengaruh penggunaan model POE berdasarkan jenjang pendidikan menunjukkan jenjang pendidikan SMA/MA effect size sebesar 0,86 dan pada jenjang pendidikan SMP/MTs effect size sebesar 0,57.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Predict Observe Explai (POE); Meta Analisis; Hasil belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:43
Last Modified: 11 Jul 2024 01:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22780

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics