Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) model anchored instruction pada materi senyawa hidrokarbon

Nanditaputri, Rezky Ferry (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) model anchored instruction pada materi senyawa hidrokarbon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608076026_Rezky_Ferry_Nanditaputri] Text (Skripsi_1608076026_Rezky_Ferry_Nanditaputri)
Skripsi_1608076026_Rezky_Ferry_Nanditaputri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Bahan ajar Lembar Kerja Siswa yang digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar kimia di MAN 2 kota Semarang kurang menarik minat peserta didik untuk belajar serta tidak menyediakan ruang diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, kelayakan dan tanggapan siswa terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) model Anchored Instruction pada materi senyawa hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi), dengan subjek penelitian 15 peserta didik dari kelas XI MIPA 6 MAN 2 kota Semarang. Karakteristik e-LKPD hasil pengembangan berupa flipbook digital yang menyajikan langkah kegiatan belajar sesuai dengan sintak pembelajaran anchored instruction. Kualitas e-LKPD dinilai oleh validator ahli dan respon peserta didik. Hasil uji validasi e-LKPD oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan kategori valid dengan nilai validitas berturut-turut sebesar 0,825 dan 0,81. Hasil uji tanggapan peserta didik terhadap e-LKPD mendapatkan kategori baik (B) dengan persentase sebesar 72,44%. Dari data validasi ahli dan respon peserta didik, maka e-LKPD model Anchored Instruction berbantuan Wordwall Application pada materi senyawa hidrokarbon yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar, serta perlu diiuji lebih lanjut pada kelas besar untuk mengetahui tingkat keefektifannya dalam pembelajaran.th

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Anchored instruction; Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik; e-LKPD; Senyawa hidrokarbon
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:18
Last Modified: 11 Jul 2024 03:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22784

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics