Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multiple intelligences pada materi termokimia

Nisha, Khoerotun (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multiple intelligences pada materi termokimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608076027_Khoerotun_Nisha] Text (Skripsi_1608076027_Khoerotun_Nisha)
Skripsi_1608076027_Khoerotun_Nisha.pdf - Accepted Version

Download (12MB)

Abstract

Ragam kecerdasan dikenal dengan multiple intelligences dimiliki oleh setiap peserta didik. Kecerdasan tersebut meliputi sembilan jenis kecerdasan yang dapat dioptimalkan jika diasah dengan baik melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang belum memperhatikan karakteristik kecerdasan peserta didik menjadi salah satu permasalahan dalam aktivitas pembelajaran kimia. Kegiatan pembelajaran perlu didukung dengan bahan ajar yang sesuai dengan ragam kecerdasan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multiple intelligences pada materi termokimia. Jenis penelitian ini yaitu research and development (R & D) dengan metode penelitian 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Penelitian dibatasi sampai pada tahap develop. Teknik dan instrumen pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data melalui validasi Aiken’s V dan uji kepraktisan. Hasil uji validasi LKPD oleh ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 0,92 dengan kriteria sangat valid, sedangkan validasi ahli media didapatkan rata-rata sebesar 0,88 dengan kriteria sangat valid. Hasil respon peserta didik terhadap kepraktisan penggunaan LKPD berbasis multiple intelligences sebesar 96,5% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian, LKPD berbasis multiple intelligences pada materi termokimia dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: LKPD; Multiple intelligences; Termokimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:41
Last Modified: 11 Jul 2024 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22785

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics