Pengembangan media augmented reality Kimuno (kimia UNO) berbasis multilevel representasi pada materi ikatan kimia

Hana, Muhammad Yusrul (2023) Pengembangan media augmented reality Kimuno (kimia UNO) berbasis multilevel representasi pada materi ikatan kimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076010_Muhammad_Yusrul_Hana] Text (Skripsi_1708076010_Muhammad_Yusrul_Hana)
Skripsi_1708076010_Muhammad_Yusrul_Hana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Konsep ikatan kimia mencakup tiga level representasi sehingga memerlukan pemahaman yang baik untuk memahami ikatan kimia secara utuh. Tujuan dari penelitian ini untuk memvisualisasikan ketiga level representasi melalui media pembelajaran Augmented Reality KIMUNO (Kimia UNO) pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian ini adalah pengembangan media yang mengacu pada pengembangan D&D (Design and Development). Sampel pada penelitian ini adalah 5 orang ahli dan 34 responden. Penelitian ini menggunakan instrument berupa observasi, dan angket validitas. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Aiken’s V. Produk dari penelitian ini adalah media pembelajaran Augmented Reality KIMUNO berupa kartu dan aplikasi pada smartphone. Hasil validasi ahli media diperoleh 0,93 dengan kriteria valid dan validasi ahli materi diperoleh validitas 0,84 dengan kriteria valid, sehingga secara keseluruhan media Augmented Reality KIMUNO valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil respons pengguna diperoleh persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality dapat membantu pendidik untuk menjelaskan materi ikatan kimia, membantu peserta didik memvisualisasikan tiga level representasi serta menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Augmented reality; Kimuno; Ikatan kimia; Media pembelajaran; Multilevel representasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:48
Last Modified: 11 Jul 2024 04:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22789

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics