Desain LKPD berbasis problem based learning untuk menumbuhkan self efficacy peserta didik pada materi asam dan basa

Alfiana, Ika (2023) Desain LKPD berbasis problem based learning untuk menumbuhkan self efficacy peserta didik pada materi asam dan basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076021_Ika_Alfiana] Text (Skripsi_1808076021_Ika_Alfiana)
Skripsi_1808076021_Ika_Alfiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan peserta didik, salah satunya pendidikan karakter yang harus ditanamkan pada peserta didik adalah karakter percaya dengan kemampuan diri sendiri atau self-efficacy. Namun, tingkat self-efficacy peserta didik masih tergolong rendah yang disebabkan oleh beberapa faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning untuk menumbuhkan self-efficacy peserta didik pada materi asam dan basa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang diadaptasi dari Thiagarajan kemudian dimodifikasi menjadi 3-D yaitu tahap define, design, dan develop. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA Darun Najah Margoyoso. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket kebutuhan peserta didik, angket validasi ahli materi dan ahli media, angket praktikalitas guru, angket respon peserta didik, dan angket self-efficacy. LKPD dinyatakan sangat valid oleh ahli materi dengan nilai validitas sebesar 0,88 dan kriteria valid oleh ahli media dengan nilai validitas sebesar 0,80, dari tingkat kevalidan tersebut LKPD dikatakan sangat layak dari segi materi dan cukup layak dari segi media. Uji praktikalitas guru dilakukan pada 1 guru kimia dan diperoleh hasil sebesar 79% dengan kategori praktis. Respon peserta didik didapat dari 32 peserta didik dilihat dari hasil angket sebesar 82,4% dengan kategori sangat praktis. Self-effiacy peserta didik mengalami peningkatan berdasarkan hasil angket sebelum dan sesudah menggunakan LKPD yang diitung dengan rumus N-Gain, rata-rata N-Gain yang diperoleh yaitu sebesar 0,32 dengan kriteria sedang. Persentase peningkatan self-efficacy peserta didik berdasarkan perhitungan angket menunjukkan 16% peserta didik mempunyai self-efficacy tinggi, 34% peserta didik pada kategori sedang, dan 50% peserta didik pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; LKPD; Problem Based Learning; Self-Efficacy; Asam; Basa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:57
Last Modified: 11 Jul 2024 06:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22791

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics