Pengaruh e-LKPD berbasis etnosains terhadap literasi sains peserta didik kelas XI

Hasibuan, Syarafina (2023) Pengaruh e-LKPD berbasis etnosains terhadap literasi sains peserta didik kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076006_Syarafina_Hasibuan] Text (Skripsi_1908076006_Syarafina_Hasibuan)
Skripsi_1908076006_Syarafina_Hasibuan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penggunalaln peralngkalt pembelaljalraln yang belum mengintegrasikan kearifan lokal pada proses pembelajaran, mengakibatkan pembelajaran di kelas kurang bermakna dan kontekstual. Hal ini dibuktikan pada SMA Negeri 8 Semarang yang halnyal menggunalkaln Power Point malteri daln buku palket kimial sebalgali penunjalng pembelaljalraln. Materi kimia pokok bahasan sistem koloid yang bersifat konkrit nyata dan banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, namun proses pembelajaran malsih bersifalt hafalan. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan sebuah media pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal, berupa E-LKPD berbasis etnosains terhadap literasi sains peserta didik kelas XI pada materi sistem koloid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh E-LKPD berbasis etnosains terhadap litetasi sains peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Expeimental Design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Semarang. Sampel penelitian adalah sebanyak 36 peserta didik kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis etnosains dapat mempengaruhi literasi sains peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tingkat N-Gain sebesar 0,68 kategori sedang.th

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etnosains; e-LKPD; Literasi sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:40
Last Modified: 12 Jul 2024 01:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22794

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics