Desain praktikum kimia asam basa berbasis green chemistry untuk SMA/MA kelas XI

Vela, Mega Legi (2023) Desain praktikum kimia asam basa berbasis green chemistry untuk SMA/MA kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076018_Mega_Legi_Vela] Text (Skripsi_1908076018_Mega_Legi_Vela)
Skripsi_1908076018_Mega_Legi_Vela.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana penunjang pembelajaran yang dapat meningkatkan mutu pendidikan. Pedoman praktikum merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu mempermudah pemahaman siswa dan melatih kemampuan psikomotorik. Praktikum asam basa membutuhkan alat dan bahan yang mahal dan susah didapatkan. Oleh karena itu peneliti mengembangkan desain praktikum kimia asam basa berbasis green chemistry untuk SMA/MA kelas XI agar dapat membantu siswa dan guru untuk mempermudah praktikum dengan menggunakan alat dan bahan yang murah dan mudah didapatkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian D & D (Design and Development). Prosedur pengembangan desain praktikum meliputi 6 langkah yaitu identifikasi masalah, mendeskripsikan tujuan, desain dan pengembangan produk, uji coba produk, evaluasi hasil uji coba dan mengkomunikasikan hasil uji coba. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan software model Rasch pada aplikasi minifac dengan model multi rater dan model persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakteristik para ahli dalam memberikan penilaian pada desain praktikum ini dinyatakan baik karena memiliki nilai Outfit MNSQ, nilai Outfit ZSTD, dan nilai Point Measure Correlation dengan kriteria baik atau valid. Nilai reliabilitas yang diperoleh sebesar 0,72 dengan kriteria cukup. Hasil pengujian respon siswa diperoleh persentase keidealan media sebesar 85,037% dan penilaian kualitas aspek keseluruhan media sebesar 76,533 (Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Desain Praktikum; Asam Basa; Green Chemistry; Model Rasch
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:00
Last Modified: 12 Jul 2024 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22799

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics