Pengembangan instrumen four-tier multiple choice diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam

Nasution, Yeni Pratiwi (2023) Pengembangan instrumen four-tier multiple choice diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076020_Yeni_Pratiwi_Nasution] Text (Skripsi_1908076020_Yeni_Pratiwi_Nasution)
Skripsi_1908076020_Yeni_Pratiwi_Nasution.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan salah satu permasalahan yang dialami oleh peserta didik. Miskonsepsi dapat terjadi karena kesalahan peserta didik dalam menafsirkan konsep secara benar. SMA Negeri 16 Semarang merupakan sekolah yang belum pernah melakukan tes diagnostik untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik. Oleh karena itu, Instrumen tes diagnostik four-tier merupakan tes diagnostik yang efektif dan efisien untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes diagnostik four-tier dan mengetahui profil miskonsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Validitas instrumen tes yang dikembangkan 24 soal termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan 6 termasuk dalam kategori baik yang diperoleh dari hasil analisis validasi oleh ahli instrumen. Instrumen tes yang dikembangkan dikatakan reliabel dengan nilai r11 yaitu 0,8124 dengan kategori sangat tinggi. Profil miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik secara keseluruhan yaitu peserta didik paham konsep sebesar 14%, peserta didik tidak paham konsep sebesar 20%, dan peserta didik miskonsepsi sebesar 66%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hidrolisis garam; Miskonsepsi; Tes diagnostik four-tier
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:34
Last Modified: 12 Jul 2024 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22801

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics